Ini Alasan Internet Melambat saat Pandemi COVID-19

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 01 April 2020 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 01 207 2192272 ini-alasan-internet-melambat-saat-pandemi-covid-19-ogtYwUCyQ0.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Ditengah physical distancing yang diterapkan untuk mengurangi angka penyebaran virus corona (COVID-19) membuat masyarakat bekerja dan belajar dari rumah. Hal tersebut dapat berakibat pada lonjakan trafik internet karena semakin banyak yang menggunakan Internet di rumah. Ookla sebagai pembuat aplikasi Speedtest mengungkapkan bahwa pihaknya telah mendeteksi adanya penurunan kecepatan internet diseluruh dunia.

Dilansir dari laman WXII12, Rabu (1/4/2020) Ben Duckett dengan Solusi PC Terjangkau berbasis Winston-Salem mengungkapkan ia telah melihat banyak orang mengeluh tentang masalah internet yang lambat. Hal tersebut disebabkan oleh kenyataan bahwa begitu banyak orang yang menggunakan internet dalam waktu bersamaan. Selain itu, banyak dari mereka menggunakan fitur obrolan video.

Selain itu Mashable melaporkan bahwa Internet melambat kemungkinan disebabkan beban yang dimasukkan ke Penyedia Layanan Internet (ISP).

Lonjakan trafik internet dirasakan oleh banyak negara yang menerapkan lockdown atau physical distancing. Negara-negara Eropa seperti Swiss, Belanda, Spanyol, dan Jerman juga mengalami internet yang melambat. Negara-negara lain seperti Austria, Italia, dan Jerman masih memiliki kecepatan internet stabil.

Bahkan untuk mengurangi beban pada jaringan, Netflix dan YouTube telah mengumumkan bahwa mereka akan menurunkan kualitas streaming default menjadi 480p.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini