Dukung Physical Distancing, Snapchat Rilis Dua Filter AR Baru

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 01 April 2020 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 01 207 2192491 dukung-physical-distancing-snapchat-rilis-dua-filter-ar-baru-OCRVVZibga.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Aplikasi Snapchat merilis dua filter Augmented Reality (AR) baru untuk mendukung physical distancing ditengah pandemi virus corona (COVID-19).

Dilansir dari laman Metro, Rabu (1/4/2020) filter pertama disebut dengan 'My Social Distance' yang memanfaatkan kamera ponsel pengguna untuk memvisualisasikan ruang yang perlu pengguna simpan dari orang lain untuk menghindari penyebaran virus corona.

Pada layar smartphone pengguna akan melihat lingkaran di sekitar yang tetap hijau jika tidak ada orang di dalamnya tetapi menjadi merah terus ketika orang semakin dekat.

Sementara filter berikutnya melibatkan render animasi yang mengingatkan pengguna tentang pentingnya mencuci tangan, tinggal di rumah dan tidak menyentuh wajah.

Kedua filter telah dikembangkan dengan bantuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan tautan fitur ke situs webnya dengan tips keselamatan lebih lanjut tentang covid-19.

Snapchat sebelumnya telah merilis pembaruan terkait virus corona seperti sumber daya kesehatan mental dan Bitmoji yang menjaga jarak sosial.

'Kami percaya bahwa pengguna Snapchat memainkan peran penting dalam menghentikan penyebaran virus. Komunitas kami dapat membantu dengan menggunakan kekuatan penuh teknologi sambil menjauhkan secara fisik, apakah itu berkomunikasi dengan orang yang dicintai, bermain game dengan teman atau tetap mendapat informasi," kata pihak Snapchat.

Snapchat juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan WHO dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) untuk memastikan pengguna memiliki semua informasi terbaru.

"WHO dan CDC menerbitkan pembaruan rutin untuk pengguna Snapchat dari Akun Resmi mereka dan kami telah bekerja dengan WHO untuk mengembangkan konten khusus untuk menjawab pertanyaan dari komunitas kami," imbuh Snapchat.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini