Internet Melambat, Ini Tips Mempercepat Koneksi WiFi Anda

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 01 April 2020 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 01 92 2192299 internet-melambat-ini-tips-mempercepat-koneksi-wifi-anda-kaZ6afdDJw.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Hampir seluruh negara di dunia telah menerapkan kebijakan physical distancing bahkan lockdown total untuk mengurangi angka penyebaran virus corona (COVID-19). Kebijakan ini membuat masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah.

Disamping itu, kebutuhan akan internet semakin banyak di seluruh dunia. Kabar buruknya, internet menjadi lebih lambat dari biasanya karena adanya lonjakan trafik data. Sekalipun itu menggunakan layanan WiFi yang biasanya lebih kencang, internet juga dapat melambat dari biasanya.

Dilansir dari laman WRCB TV, Rabu (1/4/2020) untuk mengatasi hal tersebut, ketika dirumah Anda banyak yang menggunakan WiFi. Matikan terlebih dahulu WiFi Anda dan pakailah layanan internet dari provider. Terutama jika Anda hanya menggulir memeriksa Facebook dan menonton video TikTok.

Lebih lanjut, ketika Anda melihat banyak buffering saat menonton Netflix, Amazon atau Hulu, Anda harus memeriksa router Anda. Apakah dikelilingi oleh elektronik dan kabel lain? Itu dapat menyebabkan gangguan dan kecepatan lambat. Tempatkan router Anda sedekat mungkin dengan pusat rumah Anda dan jauh dari barang elektronik lainnya.

Jika Anda belum pernah terhubung ke router melalui aplikasi atau online, lakukan sekarang. Ada fitur yang memungkinkan Anda memprioritaskan perangkat tertentu, seperti smart TV dan Rokus

Jika Anda berhenti menonton Netflix atau layanan streaming lainnya, pastikan benar-benar mati. Kadang-kadang Anda mungkin mematikan TV tetapi membiarkan layanan streaming tetap berjalan. Ini tidak hanya akan memperlambat kecepatan internet untuk orang lain, tetapi juga akan memakan tutup data Anda dengan penyedia internet Anda. Ini dapat menyebabkan tagihan Anda melonjak 40% dalam sebulan. Jadi matikan atau hentikan Netflix sebelum Anda mematikan TV.

Kiat-kiat ini tidak hanya akan mempercepat WiFi Anda tetapi juga dapat menghemat uang Anda karena tagihan berikutnya yang Anda dapatkan dari penyedia internet di rumah Anda.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini