Bill Gates Prediksi Wabah yang Lebih Buruk dari Ebola

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 02 April 2020 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 02 207 2192838 bill-gates-prediksi-wabah-yang-lebih-buruk-dari-ebola-DY7Gn2G4Af.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Bill Gates sudah memprediksi adanya pandemi virus corona dalam acara TED Talk pada 2015. Bahkan ia mengungkapkan bahwa epidemi berikutnya akan lebih buruk dari wabah Ebola pada 2014.

Bill Gates mengungkapkan hal tersebut setelah wabah Ebola 2014 terjadi, yang menewaskan lebih dari 11.000 orang di Guinea, Liberia, dan Sierra Leone, dan mengatakan ada pelajaran yang bisa dipetik. Dia menyebut penanganan Ebola merupakan kegagalan global.

"Masalahnya bukan bahwa ada sistem yang tidak berfungsi dengan baik. Masalahnya adalah kita tidak memiliki sistem sama sekali," katanya.

Bill Gates mengatakan bahwa kesalahan dalam mengatasi wabah Ebola pada 2014 adalah logistik untuk mendapatkan pekerja medis, sukarelawan, dan ahli epidemiologi ke negara-negara tersebut dengan cepat untuk meneliti penyakit, penyebarannya, dan kemungkinan perawatan.

Dia memuji petugas kesehatan setempat karena menghentikan penyebaran dan mengatakan itu hal tersebut adalah keberuntungan. Karena wabah itu tidak fokus di daerah perkotaan. Dia memperingatkan dunia mungkin tidak seberuntung saat itu

"Kegagalan untuk mempersiapkan bisa memungkinkan epidemi berikutnya secara dramatis lebih dahsyat daripada Ebola."

Bill Gates memperingatkan bahwa virus lain dapat menyebar lebih mudah daripada Ebola, yang sangat mempengaruhi kesehatan mereka yang terinfeksi. Bahkan Bill Gates juga memprediksi bahwa seseorang yang terinfeksi virus tersebut memiliki kondisi fisik yang sehat.

Seperti diketahui, seseorang yang terkena virus corona jenis baru (SARS-CoV-2) yang menyebabkan COVID-19 bahkan bisa tidak menunjukan gejala. Ia akan menjadi carrier dan menularkan kepada orang lain yang memiliki imunitas lebih rendah.

Meskipun demikian Bill Gates mengungkap bahwa negara- negara yang dapat melakukan pekerjaannya dengan baik untuk mengatasi virus corona akan kembali membuka isolasi dalam 6-10 minggu.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini