Polusi Udara Turun di Tengah Pandemi COVID-19

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 02 April 2020 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 02 56 2193104 polusi-udara-turun-di-tengah-pandemi-covid-19-iWAtaOmuhI.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Pandemi virus corona (COVID-19) telah menyebabkan penurunan polusi udara secara global. Seperti diketahui, pandemi virus corona telah mematikan sebagian aktivitas industri dan menurunkan tingkat polusi udara.

Kondisi tersebut diketahui lewat citra satelit Badan Antariksa Eropa (ESA). Menurut ESA, tingkat nitrogen dioksida (NO2) di Asia dan Eropa sangat rendah daripada periode yang sama pada tahun lalu.

Dilansir dari laman Wired, Kamis (2/4/2020) nitrogen dioksida diproduksi dari mesin mobil, pembangkit listrik dan proses industri lainnya. Senyawa tersebut dianggap memperburuk penyakit pernafasan seperti asma. Polutan tersebut berasal dari kegiatan dan sektor industri yang sama yang bertanggung jawab atas sebagian besar emisi karbon dunia dan mendorong pemanasan global.

Salah satu contoh tingkat polusi di kota Wuhan, di China Tengah mulai berkurang selama wabah virus corona di negara tersebut. Wuhan merupakan rumah bagi ratusan pabrik yang memproduksi mobil dan perangkat keras lainnya sebagai rantai pasokan global. Menurut NASA, tingkat nitrogen dioksida di China dan pusat China paling tinggi 10 sampai 30 persen lebih rendah dari biasanya.

Tingkat nitrogen dioksida juga turun di Korea Selatan, yang telah lama berjuang dengan emisi tinggi yang berasal dari pembangkit listrik tenaga batubara besar tetapi juga dari fasilitas industri terdekat di China.

Lebih lanjut, kadar nitrogen dioksida di Milan dan bagian lain di Italia utara telah turun sekitar 40 persen.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini