Share

Fosil Dinosaurus Terbang Berusia 100 Juta Tahun Ditemukan di Meksiko

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 03 April 2020 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 03 56 2193697 fosil-dinosaurus-terbang-berusia-100-juta-tahun-ditemukan-di-meksiko-Yf5wt2O7k2.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Peneliti telah menemukan fosil reptil terbang di Meksiko. Fosil-fosil ini milik tiga spesies pterosaurus terbang jenis baru dan diyakini berumur sekitar 100 juta tahun.

Dilansir dari laman Metro, Jumat (3/4/20202) Pterosaurus memiliki bentang sayap hingga 13 kaki (empat meter) dan menyambar mangsanya menggunakan satu set gigi mirip lonjakan besar.

Mereka adalah vertebrata bersayap pertama dan hidup di antara dinosaurus pada periode Cretaceous. Mereka musnah sekitar 65 juta tahun yang lalu.

Sebuah tim ilmuwan yang dipimpin oleh Baylor University di Texas, AS, dan termasuk University of Portsmouth mengidentifikasi spesies baru dari bongkahan rahang dengan gigi.

"Sisa-sisa Pterosaurus sangat langka, dengan sebagian besar diketahui dari Eropa, Amerika Selatan dan Asia. Temuan-temuan baru ini sangat menarik dan memberikan jendela ke dunia pterosaurus di Afrika Cretaceous," kata salah satu peneliti Megan Jacobs.

Menurut Jacob rentang sayap mereka sekitar 10 hingga 13 kaki, dengan tulang mereka hampir setipis kertas dan penuh udara, sangat mirip dengan burung.

Penemuan ini telah membantu mengungkap sejarah evolusi Afrika yang kurang dikenal ketika dinosaurus menjelajahi benua. Bukti fosil menunjukkan bahwa mereka terbang antara Amerika Selatan dan Afrika - mirip dengan burung hari ini seperti condor dan elang laut. Spesimen pterosaurus akan menjadi bagian dari akuisisi di sebuah museum di Maroko.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini