Berapa Kali Manusia Bernapas Setiap Hari?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 04 April 2020 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 03 56 2193712 berapa-kali-manusia-bernapas-setiap-hari-vbEXVzx6V9.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Salah satu ciri manusia hidup adalah bernapas. Saat bernapas terjadi pertukaran antara Oksigen (O2) dan Karbondioksida (CO2).Lalu tahukah Anda berapa kali manusia bernapas setiap harinya?

Manusia Bernapas dalam sehari bergantung pada usia dan tingkat aktivitasnya. Anak-anak cenderung memiliki tingkat pernapasan yang lebih cepat.

Misalnya, bayi yang baru lahir lebih sering bernafas dengan jumlah sekira 30-60 kali per menit. Sedangkan balita kemungkinan bernapas 20-30 kali per menit.

Anak remaja dan orang dewasa saat beristirahat, biasanya bernafas sekira 12-20 kali per menit. Artinya dalam satu hari mereka bernapas mencapai 17.000-30.000 nafas per hari atau lebih.

Untuk diketahui, pernapasan sama pentingnya dengan aktivitas jantung dalam memompa darah melaui tubuh Anda.

Kebutuhan manusia untuk bernapas sama eratnya dengan darah yang memompa melalui pembuluh darah. Organ tubuh yang bertanggung jawab untuk bernapas sendiri adalah paru-paru, yang merupakan bagian dari sistem pernafasan.

Paru-paru berlokasi di dada Anda dan terlindung oleh tulang rusuk. Anggota tubuh itu mengambil sebagian besar ruang di rongga dada Anda bersama dengan hati.

Dibawah paru-paru, Anda akan menemukan diafragma yang merupakan otot besar yang bekerja dengan paru-paru untuk membantu bernafas baik untuk menghirup maupun menghembuskan napas.

Meski Anda tak dapat melihat paru-paru secara langsung, Anda akan merasakan keberadaannya dimana ia mengembang saat Anda bernapas dan kembali ke ukuran normal saat Anda menghembuskan napas.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini