Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eric Yuan Ungkap Latar Belakang Berdirinya Layanan Zoom

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 04 April 2020 16:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 04 207 2194078 eric-yuan-ungkap-latar-belakang-berdirinya-layanan-zoom-KYslAXStdM.jpeg (Foto: Ist)

JAKARTA - Zoom merupakan aplikasi yang memungkinkan seseorang bertatap muka secara virtual. Aplikasi ini menjadi populer karena banyak orang memakai layanan video konferensi ini.

Rupanya, Eric Yuan, pendiri Zoom memiliki ide untuk menciptakan layanan video tatap muka virtual karena pernah terpisah jauh dengan pacarnya.

Kembali ketika dia masih tinggal di China, Yuan dan pacarnya terdaftar di dua perguruan tinggi berbeda yang dipisahkan oleh perjalanan kereta 10 jam, menurut Fortune. Keduanya kemudian menikah.

"Saya hanya bisa melihatnya dua kali setahun dan butuh lebih dari 10 jam untuk sampai di sana dengan kereta api," kata Yuan kepada Forbes pada 2017.

"Saya masih muda saat itu - 18 atau 19 tahun - dan saya pikir itu akan fantastis jika di masa depan ada perangkat di mana saya bisa mengklik tombol dan melihatnya dan berbicara dengannya," katanya.

Pengalaman itu memberi Yuan gagasan untuk memasukkan video ke dalam sistem konferensi berbasis telepon seperti Cisco, Bloomberg melaporkan.

Yuan juga ingin membuat sistem konferensi yang lebih ramah pengguna yang menyenangkan untuk digunakan, menurut CNBC.

Zoom dikenal dengan latar belakang virtualnya, yang memungkinkan pengguna untuk membuatnya tampak seolah-olah berada di pantai atau di depan Jembatan Golden Gate.

Yuan memberi Cisco sistem konferensi video yang baru dan ramah smartphone pada tahun 2011, The Financial Times melaporkan. Tampaknya terjadi perselisihan dengan bosnya, sehingga Yuan meninggalkan Cisco untuk mengembangkan Zoom.

"Cisco lebih fokus pada jejaring sosial, mencoba membuat perusahaan Facebook," kata Yuan kepada Forbes.

“Cisco membuat kesalahan. Tiga tahun setelah saya pergi, mereka menyadari apa yang saya katakan benar, " tuturnya.

Yuan juga tidak bisa meyakinkan investor mana pun untuk mendukung usaha barunya, jadi dia meminjam uang dari teman dan keluarga untuk meluncurkan Zoom, menurut The Financial Times.

"Mereka pikir pasar sangat ramai, permainan sudah berakhir," kata Yuan kepada The Financial Times.

Istri Yuan awalnya mempertanyakan keputusannya untuk meninggalkan Cisco, lapor Forbes. “Saya mengatakan kepadanya, 'Saya tahu ini perjalanan yang panjang dan sangat sulit, tetapi jika saya tidak mencobanya, saya akan menyesalinya,'" kata Yuan kepada Forbes.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini