Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Hemat Penggunaan Data saat Menonton Video YouTube

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 04 April 2020 17:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 04 92 2194104 tips-hemat-penggunaan-data-saat-menonton-video-youtube-AXSwNzwbor.jpg (Foto: Virify)

JAKARTA - Physical Distancing memungkinkan orang-orang untuk lebih memilih berada di rumah. Hal tersebut dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Boleh jadi penggunaan data akan meningkat ketika Anda seharian berada di rumah, terlebih bila Anda gemar mengakses video YouTube. Berikut ini beberapa cara untuk dapat menghemat penggunaan data ketika menonton video YouTube di perangkat Android.

Dikutip Ting, untuk bisa menghemat penggunaan data, Anda bisa membuka aplikasi YouTube, ketuk tombol Options di bagian sudut kanan atas layar, lalu ketuk Settings.

Lalu, Anda bisa memilih general dan aktifkan fitur Limit mobile data usage. Keterangan menunjukkan bahwa apabila Anda mengaktifkan fitur ini, maka Anda hanya akan dapat menyaksikan video HD hanya dari koneksi WiFi.

Pengguna juga bisa menghemat penggunaan data dengan cara menurunkan resolusi video di tingkat terendah. Walaupun gambar agak pecah, namun penggunaan data dapat ditekan serta meminimalisir buffering atau video yang terputus-putus.

Selain cara tersebut, aplikasi YouTube menyediakan fitur download. Fitur ini memungkinkan pengguna menyimpan video dan dapat diputar berulang-ulang tanpa harus terhubung dengan internet. Tentu, cara ini akan dapat menghemat penggunaan data.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini