YouTube Perangi Hoaks Tentang 5G Bisa Sebarkan Virus Corona

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 06 April 2020 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 06 207 2194676 youtube-perangi-hoaks-tentang-5g-bisa-sebarkan-virus-corona-pYFEezN21M.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- YouTube turut memerangi hoaks virus corona (COVID-19) dengan mengurangi rekomendasi konten yang menyebarkan teori konspirasi tentang teknologi 5G dan virus corona. YouTube juga mengungkapkan bahwa pihaknya tidak segan-segan untuk menghapus video yang melanggar kebijakan platform.

Konten yang berbicara tentang 5G namun tidak mengaitkannya dengan virus corona masih diizinkan. Seperti diketahui beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa jaringan 5G telah menyebarkan virus corona. Seperti diketahui virus corona (COVID-19) menyebar melalui droplet (percikan yang keluar saat bersin atau batuk) dari pasien yang terinfeksi.

Dilansir dari laman The Guardian, Senin (6/4/2020) YouTube mengungkapkan bahwa video atau konten yang mengandung hoaks mampu kehilangan pendapatan iklan hingga dihapus dari hasil pencarian di platform. Sebelumnya YouTube juga telah menghapus konten hoaks terkait cara penyembuhan virus corona yang salah atau belum teruji. Konten tersebut mampu menyesatkan masyarakat dalam menangani COVID-19.

“Kami juga memiliki kebijakan yang jelas yang melarang video mempromosikan metode medis yang tidak berdasar untuk mencegah virus korona di tempat mencari perawatan medis, dan kami dengan cepat menghapus video yang melanggar kebijakan ini ketika ditandai kepada kami,” imbuh YouTube.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini