Share

Prototipe Pesawat Luar Angkasa Starship Meledak Selama Pengujian Tekanan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 06 April 2020 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 06 56 2194672 prototipe-pesawat-luar-angkasa-starship-meledak-selama-pengujian-tekanan-7SkoYL868T.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Prototipe pesawat luar angkasa Starship SN3 miliki SpaceX meledak selama tes tekanan pada Minggu. Pesawat mengeluarkan asap yang cukup tebal sebelum akhirnya meledak dan hancur.

Dilansir dari laman BGR, Senin (6/4/2020) kejadian tersebut bukan pertama kalinya pesawat prototipe Starship mengalami kegagalan saat pengujian tekanan. Hal serupa terjadi pada November 2019.

CEO Space X, Elon Musk mengungkapkan bahwa kesalahan konfigurasi tes mungkin menjadi penyebab kegagalan pesawat meledak. Meskipun demikian, penyebab pasti dari kegagalan prototipe tersebut masih diselidiki oleh SpaceX.

The Verge mencatat bahwa prototipe khusus ini sudah menunjukkan beberapa perilaku bermasalah sebelum tes yang akhirnya meledak. Elon Musk menjelaskan ada beberapa katup bocor di cryo temp.

Starship menjadi proyek masa depan SpaceX untuk eksplorasi ruang angkasa. Perusahaan berharap Starship mampu menjelajahk planet-planet baru, termasuk Mars, bahkan melangkah lebih jauh dengan menyusun konsep pemukiman di Planet Merah di mana pesawat ruang angkasa Starship melakukan perjalanan dari Bumi ke Mars dan sebaliknya secara teratur.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini