Tips Bersihkan Laptop saat Work From Home

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 06 April 2020 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 06 92 2194937 tips-bersihkan-laptop-saat-work-from-home-rFmxa5CCLY.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Laptop menjadi salah satu perangkat yang tidak lepas ketika Anda bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Meskipun di rumah saja, Anda juga harus menjaga kebersihan laptop.

Laptop rentan terkena debu dan kemungkinan kotoran masuk ke dalam sela-sela keyboard. Berikut tips jitu untuk membersihkan laptop Anda, seperti dilansir dari laman Ifixit, Senin (6/4/2020).

1. Membersihkan Bodi Laptop

Pertama-tama pastikan laptop Anda dalam keadaan mati dan tidak terhubung pada sambungan listrik. Bersihkan bagian luar laptop dengan kain microfiber yang kering. Ketika ada noda membandel, Anda bisa menambahkan cairan pembersih khusus atau air sabun untuk membersihkannya. Namun Anda harus memperhatikan tetesan air jangan sampai masuk ke dalam port USB laptop Anda.

2. Membersihkan Keyboard

Buka laptop Anda dan pegang terbalik, sehingga keyboard Anda menghadap ke bawah. Jika susah Anda bisa meminta bantuan orang dirumah untuk membantu Anda memegang laptop dalam posisi terbalik. Bersihkan dengan kain mikrofiber atau Anda juga bisa menggunakan alat udara terkompresi yang dijual dipasaran.

Jika Anda melihat ada sesuatu yang masih tersangkut di bawah tombol tertentu, coba miringkan laptop ke sudut yang berbeda untuk mengeluarkannya. Ketika kotoran membandel, coba basahi kain mikrofiber atau cotton bud dengan alkohol isopropil, dan mulailah menyeka.

3. Membersihkan Layar

Gunakanlah kain yang halus saat membersihkan layar pada laptop. Anda bisa menggunakan kain microfiber. Kain ini memang dirancang untuk membersihkan debu dan serpihan tanpa menghasilkan serat atau permukaan yang mudah tergores. Hindari menggunakan tisu atau kertas agar tidak menimbulkan goresan pada layar

Ketika kain microfiber tidak cukup efektif untuk membersihkan kotoran yang membandel. Anda bisa menggunakan spons yang basah. Meskipun demikian, Anda harus hati-hati.

Basahi spons dengan sedikit air dan peras agar tidak ada tetesan. Usap secara perlahan area yang kotor dengan spons. Perhatikan tetesan dan segera keringkan dengan kain yang lembut.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini