Ribuan Video Zoom Bisa Ditemukan Secara Online

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 07 207 2195339 ribuan-video-zoom-bisa-ditemukan-secara-online-vZZ7oP1bsA.jpg Zoom (Foto: Klgadgetguy)

JAKARTA - Layanan konferensi video Zoom dilaporkan memiliki masalah privasi. Sebelumnya Zoom diketahui mengirimkan data pengguna ke Facebook, dan masalah lainnya terkait Zoombombing, di mana orang pihak ketiga bisa membajak video call.

Dilansir Klgadgetguy, Zoom tampaknya masih memiliki kecacatan lainnya pada software mereka. Terkini, The Washington Post melaporkan video Zoom personal dapat diakses oleh orang asing dari perusahaan server cloud.

Menurut laporan tersebut, video-video tersebut tampaknya telah direkam menggunakan perangkat lunak Zoom itu sendiri dan disimpan ke sumber penyimpanan online terpisah. Video yang dapat diakses online termasuk percakapan pribadi antara orang-orang dan juga kelas TK online di mana wajah, suara dan nama siswa mudah diakses.

Penting untuk dicatat bahwa Zoom tidak secara otomatis merekam obrolan video ini, tetapi host dapat memilih untuk merekam dan menyimpannya ke server tanpa persetujuan peserta lain. Namun, mereka menerima pemberitahuan saat rekaman dimulai.

Fitur ini digunakan oleh pengguna sebagai cara menyimpan percakapan penting seperti diskusi rapat, instruksi lokakarya, dan banyak lagi.

CEO Zoom Eric Yuan telah mengakui masalah ini dan telah meminta maaf karena gagal memenuhi harapan "privasi dan keamanan". Perusahaan akan membekukan fitur-fitur baru selama 90 hari dan telah mengarahkan para insinyur untuk mengatasi masalah yang ada.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini