Mengapa saat Supermoon Bulan Tampak Membesar?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 08 April 2020 08:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 08 56 2195855 mengapa-saat-supermoon-bulan-tampak-membesar-RtOZ2QauxX.jpg (Foto: EPA)

JAKARTA - Fenomena Supermoon terjadi pada Selasa malam hingga dini hari Rabu, dikutip Cnet. Penduduk Bumi yang melihat ke langit saat terjadi supermoon, maka akan terlihat bulan yang tampak membesar.

Bulan tampak membesar karena bulan berada di titik terdekat dengan Bumi pada jalurnya yang agak elips. Pada Selasa, bulan akan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi, membuatnya tampak hingga 30% lebih besar dibandingkan posisinya ketika berada pada titik terjauh dari Bumi.

Bulan purnama selalu naik di sekitar matahari terbenam dan berkat ilusi optik, objek itu juga muncul paling besar ketika mereka berada dekat dari cakrawala.

Fenomena ini memperlihatkan bulan yang tampak lebih besar dan paling terang di 2020. Ini merupakan bulan purnama pertama dari musim semi utara, yang dikenal juga dengan penamaan 'pink moon'.

Nama pink moon tidak ada hubungannya dengan warna bulan itu sendiri, melainkan diambil dari phlox subulata, bunga merah muda yang mekar di musim semi di timur Amerika Utara, menurut Farmer's Almanac.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini