Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deretan Situs Peta Penyebaran Virus Corona, AS Paling Tinggi

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 10 April 2020 14:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 10 207 2197204 deretan-situs-peta-penyebaran-virus-corona-as-paling-tinggi-8vnDujgcYl.jpg (Foto: Arcgis)

JAKARTA - Untuk mengetahui peta penyebaran virus corona, Anda bisa mengakses beberapa situs atau website. Situs ini menyediakan data berapa jumlah yang terinfeksi, berapa yang pulih dan angka kematian.

Wabah virus corona masih melanda dunia. Sampai dengan saat ini, Amerika Serikat (AS) menjadi negara dengan kasus virus corona paling tinggi. Tercatat pada layanan peta penyebaran virus corona JHU CSSE, AS mencatatkan lebih dari 460 ribu kasus.

Sementara Spanyol berada di urutan kedua dengan lebih dari 153 ribu kasus dan Italia dengan lebih dari 143 ribu kasus.

Berikut beberapa situs yang bisa Anda akses untuk melihat peta penyebaran virus corona.

Johns Hopkins University

Salah satu situs live map yang direkomendasikan terkait update virus korona ialah situs yang disediakan oleh Johns Hopkins University. Anda bisa mengaksesnya melalui link ini https://coronavirus.jhu.edu/map.html.

Dasbor menampilkan jumlah total kasus yang dikonfirmasi, kematian, dan pemulihan di seluruh dunia, dengan data juga dibagi berdasarkan negara atau wilayah. Tampilan peta dapat disesuaikan, dengan 16 opsi termasuk kartografi, topografi, dan peta jalan.

Google

Google mengungkap peta penyebaran virus corona melalui situs google.com/covid19-map/. Dengan mengakses situs ini, Anda akan dapat melihat peta penyebaran, statistik jumlah yang terinfeksi corona di seluruh dunia dan rincian jumlah kasus yang terkonfirmasi berdasarkan negara.

DKI Jakarta

Untuk mengetahui penyebaran virus corona di wilayah DKI Jakarta, Anda bisa mengakses situs corona.jakarta.go.id. Peta ini menampilkan jumlah kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta disertai dengan tanda warna merah (positif COVID-19), kuning (menunggu hasil) dan biru (RS Rujukan COVID-19).

Jawa Barat

Untuk warga Jawa Barat, Anda bisa mengakses situs https://pikobar.jabarprov.go.id/. Situs ini menampilkan peta penyebaran hingga tanda warna mulai dari merah yang menandakan positif aktif, hingga biru untuk ODP (Orang Dalam Pemantauan).

Jawa Tengah

Anda bisa mengakses situs https://corona.jatengprov.go.id/ untuk bisa melihat penyebaran virus corona di wilayah Jawa Tengah. Selain menampilkan peta kabupaten/kota, situs tersebut juga menampilkan peta rumah sakit.

Yogyakarta

Untuk wilayah Yogyakarta, Anda bisa mengakses situs https://corona.jogjaprov.go.id/ untuk mengetahui penjelasan tengan COVID-19. Situs ini juga memiliki layanan peta untuk melihat penyebaran virus corona.

Peta Online Virus Corona Buatan UI

Tim Ahli dan peneliti Universitas Indonesia mengembangkan sebuah Portal WebGIS (peta dalam jaringan). Melalui akun Instagram 'univ_indonesia', peta ini diciptakan guna pemerintah memetakan sebaran virus COVID-19.

Portal WebGIS ini memetakan penduduk yang terinfeksi COVID-19, menunjukkan persebaran lokasi pasien yang positif terinfeksi COVID-19. Selain itu, peta juga membantu pemerintah dalam memetakan daerah yang rawan kasus infeksi baru.

Portal WebGIS dapat diakses mudah melalui komputer atau smartphone. Peta sebaran tersebut dapat diakses melalui laman https://qgiscloud.com/ardiansyah18/CORONA_INA_19032020/.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini