Satelit Nusantara Dua Gagal Capai Orbit

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 10 April 2020 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 10 56 2197106 satelit-nusantara-dua-gagal-capai-orbit-sPHcKWQfUU.jpeg Foto : Okezone

JAKARTA– Satelit Nusantara Dua dikabarkan gagal meluncur pada Kamis (9/4/2020). Satelit tersebut diluncurkan dengan roket Long Marc 3B dari Pusat Peluncuran Satelit Xinchang China, pada pukul 19.45 WIB.

Menurut Presiden Direktur PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera (PSNS) Johanes Indri Trijatmodjo setelah proses lift off berjalan dengan baik, terjadi anomali sebelum mencapai orbitnya. Anomali terjadi ketika roket memasuki pelepasan tingkat ketiga.

"Satelit tidak bisa mencapai orbit yang ditetapkan," kata Johanes dalam keterangan resminya, Jumat (10/4/2020).

Satelit Nusantara Dua telah dilindungi asuransi, sehingga risiko peluncuran dan operasional satelit sepenuhnya diberikan perlindungan.

Satelit Nusantara Dua dibuat oleh produsen satelit terkemuka asal Tiongkok, China Great Wall Industry Corporation (CGWIC). Ini merupakan bentuk kerjasama Indosat Ooredoo bersama dengan PT Pintar Nusantara Sejahtera (Pintar) dan PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) melalui perusahaan joint venture bernama PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera (PSNS).

Indosat Ooredoo menargetkan Satelit Palapa Nusantara Dua menggantikan Satelit Palapa D. Satelit Nusantara Dua awalnya diharapkan menempati slot orbit yang sama dengan Palapa D yaitu di 113¬O Bujur Timur. Indosat Ooredoo mengoperasikan satelit Palapa–D yang diluncurkan Agustus 2009 di China dan akan berakhir umurnya pada 2020.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini