Tips Lancar Menggunakan Layanan Konferensi Video

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 10 April 2020 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 10 92 2197195 tips-lancar-menggunakan-layanan-konferensi-video-3bG2uSjIsW.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Selama pandemi virus corona (COVID-19), beberapa perusahaan telah memanfaatkan aplikasi konferensi video untuk melakukan raapat jarak jauh. Saat ini tersedia banyak aplikasi konferensi video yang dapat digunakan seperti Skype, Zoom, dan Google Hangouts. Untuk memulai konferensi video, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan, dilansir dari laman Information Age, Jumat (10/4/2020).

 

1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Aspek terpenting saat melakukan konferensi video adalah konektivitas internet yang stabil dan cepat. Koneksi lambat dapat mempengaruhi gangguan visual dan audio. Tidak hanya itu, gunakan konektivitas yang aman bersama enkripsi canggih untuk melindungi data Anda.

 

2. Pilih Aplikasi yang Baik

Perangkat lunak konferensi video berkualitas tinggi akan membantu memfasilitasi komunikasi bisnis dengan baik. Selain itu, selalu upgrade aplikasi ke versi terbaru. Pastikan itu stabil dan kompatibel dengan sistem operasi Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan panggillan video yang lancar selama konferensi.

3. Singkirkan Gangguan

Sebelum pertemuan, pastikan tidak ada halangan di garis pandang kamera Anda yang dapat mengalihkan perhatian peserta lainnya. Juga, pastikan ponsel Anda disimpan dalam mode hening selama konferensi.

4. Pahami Fitur Konferensi Video

Cobalah untuk menghilangkan kebisingan latar belakang saat konferensi sedang berlangsung, yang juga harus meminimalkan gema dari mikrofon. Selain itu, buat informasi untuk para peserta cara mematikan dan mengaktifkan mikrofon dan memastikan bahwa mereka semua menggunakan fitur ini.

5. Jangan Berbicara  Bersamaan 

Anda perlu melatih kesabaran dan menahan diri untuk tidak berbicara sementara orang lain mengekspresikan diri mereka sendiri. Disarankan bagi moderator untuk mengadakan pertanyaan sampai akhir sehingga setiap orang mendapat kesempatan untuk menyuarakan pendapat mereka.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini