Tips Menghemat Kuota Data saat Work From Home

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 12 April 2020 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 12 92 2197806 tips-menghemat-kuota-data-saat-work-from-home-Mrwtp7QFAg.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Bagi Anda yang tengah menerapkan work from home (WFH)) konsumsi data seluler pasti meningkat. Selain untuk melakukan konferensi video online, membuka email, kebutuhan untuk media sosial dan streaming online pasti meningkat saat di rumah saja.

Untuk itu Anda perlu untuk memperhatikan penggunaan data. Berikut Okezone rangkum beberapa tips untuk menghemat kuota data, seperti dilansir dari laman Hongkiat, Minggu (12/4/2020).

1. Monitor Penggunaan Data Seluler

Selalu monitor penggunaan data seluler Anda. Lebih tepatnya, Anda harus memantau aplikasi mana yang menggunakan sebagian besar data Anda. Semakin Anda tahu aplikasi mana yang dapat menguras kuota data Anda, semakin baik Anda dapat mengelola kuota Anda.

Perangkat Android dilengkapi dengan fitur pemantauan bawaan tetapi Anda juga dapat memilih aplikasi untuk pihak kegiga. Salah satu aplikasi populer yang akan menunjukkan penggunaan data seluler Anda adalah Onavo Count, tersedia di iOS dan Android.

2. Pantau Sisa Kuota

Kebanyakan orang biasanya terlalu asik menggunakan internet, sampai lupa bahwa kuotanya habis. Itulah sebabnya Anda harus mengatur alarm untuk memperingatkan Anda ketika menggunakan terlalu banyak kuota.

Di iOS, unduh My Data Manager, aplikasi berguna yang akan memantau penggunaan data ponsel Anda. Sementara untuk ponsel Android memiliki pengelola data bawaan (Pengaturan> Penggunaan Data). Anda dapat mengatur siklus penggunaan data, batas data seluler, memeriksa penyebab yang menyedot sebagian besar bandwidth dan bahkan mengatur koneksi data seluler Anda untuk mati secara otomatis setelah mencapai batas.

3. Kompres Data Anda

Ada beberapa layanan yang memungkinkan Anda mengompres data yang Anda terima sehingga tidak akan membebani data Anda. Contoh terbaik dari ini adalah Onavo Extend, tersedia di iOS dan Android. Aplikasi ini akan bertindak sebagai VPN, sebelum data masuk ke perangkat Anda, itu akan pergi ke server Onavo untuk kompresi.

Beberapa browser web juga memiliki dukungan untuk fitur seperti ini. Chrome untuk Android dan iOS memungkinkan Anda mengirim paket data terlebih dahulu ke server Google untuk dikompresi, meminimalkan penggunaan data Anda. Dan ada juga Opera Mini, yang memiliki fitur sebelum smartphone menjadi mainstream.

4. Musik Offline

Streaming musik hingga video mampu menguras kuota data Anda lebih banyak. Sebaiknya download beberapa lagu yang sering Anda dengarkan. Jika kemungkinan Anda mendapatkan WiFi, Anda bisa mengunduh lebih banyak musik hingga film untuk ditonton secara offline.

5. Gunakan Koneksi Data yang Lebih Lambat

Semakin cepat kecepatan data Anda, semakin banyak data yang terkuras. Jika memungkinkan, beralihlah ke 3G atau lebih baik, Edge. Kecepatan yang lebih lambat membuat kuota data Anda tidak cepat terkuras.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini