Baterai Tidak Terisi Penuh saat Di-charge, Perhatikan 3 Hal Ini

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 13 April 2020 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 13 92 2198523 baterai-tidak-terisi-penuh-saat-di-charge-perhatikan-3-hal-ini-pG5SutMDZ0.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Apakah Anda pernah mengalami masalah saat mengisi daya ponsel? Seperti baterai yang tidak terisi penuh. Padahal Anda sudah mengisi daya dalam waktu yang lama.

 Anda mungkin langsung mengasumsikan bahwa baterai mengalami kerusakan sehingga harus segera diganti. Namun, sebelum memutuskan hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut ulasannya seperti dilansir dari Android Pit, Senin (13/4/2020).

1. Periksa USB Port

Perikslah USB Port ponsel Anda terlebih dahulu. Logam yang terdapat pada port USB yang tidak berfungsi kerap menjadi masalahnya. Hal tersebut terjadi karena Anda sering mencabut charger terus-menerus.

Hal yang yang mungkin dapat Anda lakukan adalah memperbaiki masalah pada port USB dengan menggunakan sesuatu yang kecil seperti tusuk gigi secara perlahan. Selanjutnya periksalah port dan pastikan tidak ada benda yang mengotori seperti debu dan yang lainnya.

2. Gunakan Stop Kontak yang Benar

Ketika tidak ada masalah port USB, Anda harus memeriksa stop kontak. Kemungkinan masalahnya berasal dari saluran listrik Anda. Pengisian daya juga berpengaruh pada stop kontak yang digunakan, stop kontak yang bermasalah akan mengalirkan sedikit arus listrik dan dapat membahayakan ponsel.

3. Ganti Kabel

Jika tidak terjadi masalah pada port USB dan stop kontak Anda, periksalah kabel charger. Kabel yang terlalu banyak digulung ketika selesai digunakan akan mengurangi masa pemakaian dan akan cepat rusak.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini