Ponsel Terkena Hujan, Ini yang Harus Anda Lakukan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 14 April 2020 20:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 14 92 2199203 ponsel-terkena-hujan-ini-yang-harus-anda-lakukan-ZrrZGGZMcR.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Beberapa belakangan ini, hujan masih mengguyur Jakarta dan sekitarnya. Resiko kehujanan hingga smartphone basah pun kerap kali tidak bisa dihindari. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba.

Langkah Pertama

Pertama-tama jangan langsung menyalakan ponsel Anda dalam keadaan basah. Pasalnya ketika perangkat basah dan dihidupkan akan konslet dan merusak perangkat.

Langkah Kedua

 

Saat posisi dalam posisi mati dan tidak dinyalakan, maka segera cabut baterai ponsel. Bila baterai Anda tidak bisa dilepaskan, biarkan. Jangan sampai membuka sendiri karena harus membutuhkan bantuan ahli.

Melepas baterai membuat ponsel lebih aman karena betul-betul menghentikan aliran listrik yang mungkin terjadi di dalam ponsel.

Langkah Ketiga

 

Ketika baterai sudah dilepas (jika bisa), keringkan ponsel Anda dengan kain yang lembut. Hindari menggunakan hairdryer yang bisa merusak komponen smartphone.

Langkah Keempat

Selain menggunakan gel silica yang efektif menyerap air, pengguna juga bisa memanfaatkan beras. Beras berfungsi seperti gel silica, yakni menyerap kelembaban udara. Caranya, masukan handset yang basah ke dalam plastik atau toples, kemudian isi dengan beras sampai penuh. Diamkan minimal selama satu hari.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini