Ini Alasan Kucing Meregangkan Tubuhnya Seperti Manusia

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 15 April 2020 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 15 56 2199694 ini-alasan-kucing-meregangkan-tubuhnya-seperti-manusia-oMRHC263cj.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Para ahli mengungkapkan bahwa kucing kerap kali meregangkan tubuhnya untuk meningkatkan aliran darah. Selain itu ada rasa nyaman saat kucing melakukan hal tersebut.

"Kucing meregangkan tubuhnya untuk membuat otot mereka bergerak lagi setelah tidak aktif. Entah setelah ia duduk seharian atau tidur,” tutur Andrew Cuff, seorang peneliti postdoctoral anatomi di Royal Veterinary College di London, seperti dilansir dari laman Live Science, (15/5/2020).

Saat kucing sedang tidur atau rileks, tekanan darahnya menurun. Hal tersebut juga terjadi pada manusia, dan meregangkan tubuh dapat membantu mengembalikan kondisi tersebut. Cuff mengatakan dengan peregangan otot, jumlah darah yang mengalir ke otak juga meningkat.

"Hal ini membantu membangunkan Anda setelah tidur dan membuat Anda lebih waspada terhadap sekitar," kata Cuff.

Saat otot-otot mulai bergerak ketika peregangan, mereka juga membuang racun dan produk sampingan yang terbentuk selama masa tidak aktif. Misalnya, karbon dioksida dan asam laktat dapat menumpuk di tubuh kucing, tapi peregangan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan getah bening, yang membantu mengeluarkan racun.

Selain itu, meregangkan tubuh dapat mempersiapkan otot untuk beraktivitas. Jika kucing sudah meregangkan tubuhnya dan melihat ada tikus yang berlari, atau hewan lainnya yang menyita perhatiannya, kucing akan dengan siap menerkam.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini