Apa Itu Nomor IMEI Ponsel?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 16 April 2020 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 16 207 2200003 apa-itu-nomor-imei-ponsel-n2PaxgK2Lr.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- International Mobile Equipment Identity (IMEI) merupakan nomor unik untuk mengidentifikasi setiap perangkat seluler. Nomor tersebut membantu membedakan setiap perangkat satu sama lain.

Dilansir dari laman Make Use Of, Kamis (16/4/2020) nomor IMEI standar biasanya terdiri dari 14 digit angka, dengan tambahan digit periksa ke-15 untuk memverifikasi seluruh string. Ada juga variasi 16 digit yang mencakup informasi tentang versi perangkat lunak perangkat, yang dikenal sebagai IMEISV.

Sejak 2004, IMEI muncul dalam format AA-BBBBBB-CCCCCC-D. Bagian yang diberi label A dan B dikenal sebagai Kode Alokasi Jenis (TAC). Bagian TAC dari IMEI mengidentifikasi produsen dan model perangkat. Misalnya, kode Google Pixel TAC adalah 35-161508, sedangkan iPhone 6s Plus adalah 35-332907.

Beberapa model memiliki beberapa TAC tergantung pada revisi, lokasi pembuatan, dan faktor lainnya. Misalnya, iPhone 5C memiliki lima kode TAC berbeda. Enam digit C mewakili nomor seri unik perangkat Anda, dan produsen handset menentukannya. Bagian D dari IMEI adalah digit periksa yang memastikan IMEI memenuhi Pedoman Alokasi dan Persetujuan. Digit centang ditampilkan pada kemasan untuk mencegah perekaman IMEI yang salah, tetapi itu bukan bagian dari IMEI yang terdokumentasi.

Meskipun nomor IMEI tidak diragukan lagi signifikan, itu bukan satu-satunya persyaratan peraturan untuk ponsel cerdas Anda. Produsen harus mematuhi peraturan untuk setiap wilayah tempat mereka ingin menjual perangkat mereka. IMEI tidak menunjukkan bahwa peralatan tersebut memenuhi persyaratan keselamatan dan peraturan lainnya.

Lalu, Untuk Apa Nomor IMEI Digunakan?

Tujuan utama IMEI adalah untuk melengkapi perangkat Anda dengan nomor ID unik. Jadi, dalam praktiknya, IMEI sangat mirip dengan Vehicle Identification Number (VIN) yang digunakan dalam industri otomotif. Meskipun terkadang bingung, nomor IMEI sepenuhnya terpisah dari nomor SIM Anda dan tidak dapat diubah.

Saat Anda terhubung ke jaringan sel, penyedia menangkap kedua nomor untuk mengaktifkan layanan mereka. Nomor SIM mengidentifikasi akun pelanggan Anda , sedangkan IMEI hanya mengidentifikasi perangkat.

Pada peraturan validadi IMEI yang akan diterapkan pada 18 April 2020. Pemerintah menggunakan skema white list, dimana ponsel dengan nomor IMEI ilegal tidak akan mendapatkan layanan seluler setelah memasukkan sim card. Aturan tersebut berlaku untuk memberantas ponsel ilegal di Indonesia.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini