Fenomena Zoombombing di Tengah Diskusi Online Wantiknas

Sindonews, Jurnalis · Kamis 16 April 2020 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 16 54 2200169 fenomena-zoombombing-di-tengah-diskusi-online-wantiknas-wTAyCil6Mx.jpg (Foto: How-To Geek)

JAKARTA - Pada hari ini digelar diskusi online yang digelar oleh Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (WANTIKNAS). Di tengah diskusi TIK-Talk bertema "Kolaborasi Multistakeholders Memerangi Hoax dan Disinformasi di Tengah Pandemi Covid-19", muncul peserta tak dikenal.

Dikutip Sindonews, peserta tak dikenal itu membagikan konten negatif di layar. Lewat fitur share screen, pelaku juga mengambil alih screen sehingga seluruh peserta bisa melihat video tidak senonoh.

Hal ini cukup mengagetkan sekitar 100 peserta diskusi yang saat itu sedang melakukan sesi tanya jawab.

Diskusi online ini dibuka oleh Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional, Ilham Habibie. Hadir pula sebagai narasumber Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo Widodo Muktiyo, Founder platform analisis media sosial Drone Emprit Ismail Fahmi, dan anggota tim pelaksana Wantiknas Garuda Sugardo.

Zoombombing sendiri adalah gangguan yang tidak diinginkan ke dalam panggilan konferensi video oleh seseorang, yang menyebabkan gangguan selama konferensi video berlangsung.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini