Ini Benda-Benda yang Butuh Waktu Lama Terurai di Tanah

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 16 April 2020 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 16 56 2200345 ini-benda-benda-yang-butuh-waktu-lama-terurai-di-tanah-FZZZnrCe49.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Sebuah penelitian oleh Universitas Georgia menemukan bahwa 91 persen sampah plastik di dunia tidak dapat didaur ulang. Sampah plastik tersebut mampu mengganggu ekosistem. Banyak hewan di darat maupun laut yang tidak sengaja mengonsumsinya yang mana mengancam keselamatan mereka pula. Selain sampah plastik ada beberapa benda lain yang sulit terurai, seperti dilansir dari laman International Business Times, Kamis (16/4/2020).

Botol Plastik

Jika Raja Henri VIII sejak dahulu minum menggunakan botol plastik dan tidak mendaurnya, botol plastik tersebut masih akan ada hingga sekarang.

Para pakar mengemukakan, dibutuhkan waktu ribuan tahun bagi bahan polyethylene terephthalate (PET) yang menyusun botol, untuk dapat terurai.

Karton Minuman

Kotak jus bisa memakan waktu hingga tiga bulan untuk terurai. Namun, jika terbuat dari lapisan kertas, plastik, dan aluminium, dapat mencapai 300 tahun.

 

Ujung Rokok

Sebagian besar filter rokok mengandung sejenis plastik yang disebut selulosa asetat. Ini berarti bahwa setiap ujung rokok yang Anda jentikkan ke bawah bisa memakan waktu hingga satu dekade untuk terurai.

Kulit Pisang

Tidak hanya benda buatan manusia saja yang dapat menyebabkan masalah lingkungan. Faktanya, kulit pisang dapat menjadi salah satunya, terlebih jika Anda membuangnya sembarangan.

Dalam cuaca dingin, kulit pisang membutuhkan waktu dua tahun untuk terurai. Pada 2010, para konservasionis di Ben Nevis meminta pengunjung untuk berhenti membuang kulit pisang di puncak gunung tertinggi di Inggris, setelah relawan menemukan 1.000 kulit pisang di sana.

Cangkir Kopi

Bagi Anda yang gemar membeli kopi dalam perjalanan ke kantor setiap pagi, mungkin sekarang Anda akan mempertimbangkannya. Cangkir sekali pakai tersebut membutuhkan waktu hingga 30 tahun untuk terurai berkat membran plastik yang melapisinya, menurut seorang pakar kepada Daily Mail.

Bungkus Kripik

Camilan kripik hanya perlu beberapa menit untuk dilahap. Namun, bungkusnya dapat memakan waktu hingga delapan dekade untuk terurai. Pada 2012, seorang pria menemukan bungkus kripik dari 1967 di Pantai Saunton, Devon.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini