Tips Menjaga Daya Tahan Baterai agar Lebih Tahan Lama

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 16 April 2020 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 16 92 2200174 tips-menjaga-daya-tahan-baterai-agar-lebih-tahan-lama-ZYslLLKOch.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Bagi Anda yang masih bekerja di tengah pandemi COVID-19 sekarang ini, ponsel menjadi salah satu perangkat penting untuk terus berkomunikasi dengan keluarga dan mencari informasi terbaru. Kerap kali kita mengandalkan powerbank untuk mengisi daya saat baterai ponsel habis.

Okezone kali ini akan memberikan beberapa tips agar ponsel Anda tetap awet meskipun dipakai seharian penuh, seperti dilansir dari laman Themuse, Kamis (16/4/2020).

1. Turunkan Kecerahan Layar

Mungkin kita tidak sadar bahwa kecerahan layar membuat baterai cepat terkuras. Mengurangi kecerahan layar mampu menjaga baterai tetap awet. Caranya dengan buka Settings - Display - Brightness dan turunkan sesuai kebutuhan Anda.

2. Gunakan Aplikasi Seperlunya

Aplikasi menjadi salah satu faktor yang membuat baterai ponsel cepat habis, terutama untuk aplikasi yang mengandalkan grafis dan audio seperti game. Anda perlu mengatur penggunaan aplikasi, jangan terlalu lama bermain game jika tidak ingin baterai Anda terkuras.

3. Matikan Koneksi Wi-Fi dan GPS

Koneksi Wi-Fi dan GPS mampu menguras baterai Anda. Matikan kedua fitur ketika tidak digunakan.

Ketika koneksi Wi-Fi dan GPS dinyalakan, ponsel otomatis akan mencari koneksi dan terus memperbarui lokasi Anda. Hal tersebut juga membuat baterai Anda cepat habis.

4. Nyalakan Mode Pesawat

Ketika baterai ponsel Anda sudah sekarat, cobalah untuk menyalakan mode pesawat. Mode ini akan memotong semua sinyal radio telepon Anda, menghentikan email, pesan, panggilan telepon, Wi-Fi, dan koneksi Bluetooth. Hal tersebut yang membuat pemakaian baterai Anda akan bertahan lama.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini