Setelah Cuci Tangan Tisu Toilet Lebih Efektif Bunuh Virus

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 17 April 2020 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 17 56 2200669 setelah-cuci-tangan-tisu-toilet-lebih-efektif-bunuh-virus-f94bPFwqOT.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Sebuah penelitian baru mengungkapkan setelah mencuci tangan dengan sabun, baiknya mengeringkan tangan dengan tisu toilet. Tisu toilet mampu membunuh kuman lebih efektif dibandingkan mesin pengering dalam menghilangkan patogen yang hilang karena pencucian yang tidak efektif.

Dilansir dari laman Science Alert, Jumat (17/4/2020) sebuah studi kecil oleh para ahli dari Universitas Leeds dan Rumah Sakit Pengajaran Leeds Inggris NHS Trust menemukan bahwa jika tangan tidak dicuci dengan benar, pengeringan dengan tisu toilet lebih efektif untuk menghilangkan mikroba.

"Kami percaya bahwa hasil kami relevan dengan kontrol virus corona baru yang menyebar dengan cepat di seluruh dunia. Tisu toilet menjadi cara yang lebih disukai untuk mengeringkan tangan setelah mencuci sehingga mengurangi risiko kontaminasi dan penyebaran virus, "kata para penulis, yang dipimpin oleh Ines Moura dari University of Leeds.

Empat relawan memiliki tangan mereka terkontaminasi menggunakan bakteriofag virus yang menginfeksi bakteri dan tidak berbahaya bagi manusia dan kemudian mencuci tangan namun tidak efektif.

Mereka kemudian mengeringkan tangan mereka dengan tisu toilet atau pengering udara jet di toilet rumah sakit dan terus menyentuh berbagai permukaan termasuk pegangan pintu, tangga tangga, telepon dan stetoskop.

Para peneliti menemukan bahwa menggunakan tisu toilet dan pengering jet mengurangi kontaminasi pada tangan.

Otoritas kesehatan di seluruh dunia selama ini telah menyoroti pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan air untuk menghindari penyebaran virus corona (COVID-19). Penyakit tersebut telah menewaskan puluhan ribu orang dan menyebar ke seluruh dunia. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 2 juta orang yang terinfeksi virus di seluruh dunia.

Tangan yang terkontaminasi virus telah menjadi perantara virus untuk menyebar melalui sentuhan fisik seperti berjabat tangan, gagang pintu, keran, dan benda lainnya yang tersentuh tangan yang terinfeksi.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini