Tips Maksimalkan WhatsApp saat Work From Home

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 17 April 2020 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 17 92 2200868 tips-maksimalkan-whatsapp-saat-work-from-home-1NgBKrBuhN.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Pemerintah telah menetapkan kebijakan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah untuk mengurangi penyebaran virus corona (COVID-19). Hal tersebut membuat sebagian masyarakat terus berada dirumah untuk karantina diri.

Meskipun demikian, berkat teknologi manusia tetap terhubung secara online. Salah satunya dengan aplikasi WhatsApp yang dapat mengirim pesan teks, video call, dan mengirim gambar. Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan WhatsApp, seperti dilansir dari laman Life Wire, Jumat (17/4/2020).

1. Hemat Kuota di Whatsapp

Ketika belajar dan bekerja dari rumah, kuota internet pasti akan mudah terkuras. Aplikasi WhatsApp juga menyediakan fitur untuk menghemat kuota dari aplikasi. Berikut cara untuk menghemat kuota WhatsApp. Pertama-tama buka aplikasi WhatsApp dan klik ikon tiga titik yang terletak di sudut kanan atas. Kemudian pilih menu pengaturan/Setelah. Pada menu pengaturan, pilih data dan penyimpanan.

Pada bagian unduh otomatis media cobalah untuk membatasi konten yang Anda unduh otomatis. Caranya pada bagian 'saat menggunakan data seluler pilihlah satu konten saja yang tidak membuang banyak kuota Anda misalnya audio atau dokumen. Lalu Anda bisa mengaktifkan semua unduhan konten pada bagian saat terhubugng ke Wi-Fi.

Langkah terakhir, centang opsi penggunaan data minimum. Dengan memeriksa opsi ini, ketika Anda menyampaikan panggilan suara atau video maka fitur ini akan memampatkan data sehingga akan menghemat kuota.

2. Kirim Foto Berkualitas

Pengguna aplikasi WhatsApp dapat mengirim foto dengan mudah. Namun sayang, ketika pengguna mengirim gambar secara manual dengan menekan ikon lampiran, kualitas foto yang dikirim kerap berkurang.

Pengguna butuh trik agar kualitas foto yang dikirim tetap bagus. Alih-alih menekan tombol lampiran kemudian galeri atau tombol kamera. Pengguna bisa mengirim gambar melalui penelusuran dokumen. Kemudian pilih foto yang akan dikirim. Dengan cara tersebut kualitas foto yang dikirim akan tetap bagus.

3. WhatsApp Web

WhatsApp juga dapat terhubung ke komputer atau dengan fitur WhatsApp Web. Sebenarnya sudah lama WhatsApp menyediakan sarana ini, yakni supaya para penggunanya bisa memanfaatkan WhatsApp di komputer.

Caranya, pertama buka WhatsApp di komputer Anda atau kunjungi web.whatsapp.com di komputer Anda. Ketika dimintai kode QR, gunakan pemindai QR dari dalam WhatsApp untuk memindai kode QR. Untuk melakukannya, buka WhatsApp di telepon Anda. Untuk pengguan Android, buka di layar Chat > Menu > WhatsApp Web. Sementara di iPhone buka Pengaturan > WhatsApp Web Terakhir, pindai kode QR pada layar komputer Anda dengan telepon Anda.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini