Sejarah Google Ciptakan Gambar dan Animasi Doodle

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 19 April 2020 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 19 207 2201489 sejarah-google-ciptakan-gambar-dan-animasi-doodle-pGEFYwLbwB.jpg (Foto: Stikkymedia)

JAKARTA - Google Doodle pertama kali diciptakan pada 1998, ketika Larry Page dan Sergey Brin berlibur ke Burning Man Festival. Saat itu, Doodle yang diciptakan sederhana, dengan stick man ikonik yang berada di belakang huruf O.

Dilansir Stikkymedia, tidak lama setelah Larry dan Sergey memposting Google Doodle pertama, seniman freelance mulai mengerjakan yang lain. Terkadang, kreator menambahkan dekorasi hari libur sederhana pada logo.

Ketika Dennis Hwang memimpin doodler pada 2000, desain berkembang menjadi tambahan yang lebih kreatif.

Google Doodles menjadi sangat populer pada tahun itu sehingga Sergey Brin memutuskan untuk mengajukan paten untuk mereka. Paten berjudul "Sistem dan metode untuk menarik pengguna untuk mengakses situs web".

Paten dirancang untuk melindungi praktik Google meningkatkan logo mereka untuk tanggal dan acara khusus. Itu disetujui hampir 10 tahun kemudian, pada tahun 2011.

Dennis Hwang adalah satu-satunya pembuat coretan (doodler) selama bertahun-tahun, tetapi hari ini diciptakan oleh tim pembuat coretan khusus dan insinyur yang latar belakangnya berkisar dari animasi film hingga desain buku komik.

Tim Google Doodle mendapat ribuan permintaan dari pengguna setiap tahun, tetapi hanya beberapa ratus yang berhasil masuk ke beranda. Untuk melihat Doodle apa saja berhasil diciptakan, Anda bisa mengakses https://www.google.com/doodles.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini