Alasan Baterai Ponsel Anda Cepat Boros dan Cara Mengatasinya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 20 April 2020 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 20 92 2202086 alasan-baterai-ponsel-anda-cepat-boros-dan-cara-mengatasinya-n7LHuhwJ5b.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Baterai menjadi salah satu komponen penting pada smartphone. Ketika baterai habis maka smartphone tidak bisa digunakan. Namun, baterai menjadi salah satu komponen yang mudah rusak, apalagi saat smartphone sudah lama digunakan.

Beberapa dari Anda mungkin mengalami baterai cepat habis yang cukup menjengkelkan. Ada beberapa alasan mengapa baterai smartphone cepat habis, berikut rangkumannya seperti dilansir dari laman Android Authority, Senin (20/4/2020).

1. Layar Smartphone

Layar smartphone menjadi salah satu penguras baterai cukup besar. Apalagi ketika Anda selalu mengaktifkan kecerahan layar paling tinggi. Tipsnya turunkan kecerahan layar smartphone Anda. Peredupan kecerahan layar Anda akan membantu Anda menghemat baterai secara signifikan.

Selain itu Anda juga menggunakan kecerahan adaptif. Ini akan memastikan Anda mendapatkan layar yang terang saat Anda membutuhkannya, tetapi Anda juga menghemat baterai saat kecerahan tinggi tidak diperlukan.

Wallpaper hidup juga telah menguras baterai, sebaiknya Anda menonaktifkan fitur tersebut untuk lebih menghemat baterai.

2. Koneksi Jaringan

Area dengan koneksi jaringan yang buruk juga dapat menyebabkan baterai Anda cepat habis. Pasalnya smartphone Anda akan terus berusaha untuk mencari jaringan.

Ponsel akan berusaha membuat Anda tetap terhubung setiap detik. Ketika tidak bisa, itu akan bekerja ekstra keras untuk mencapai jaringan dan membuat Anda kembali ke jaringan.

Cara mengatasinya adalah ganti operator seluler Anda yang lebih handal. Selain itu aktifkan mode pesawat agar antena jaringan ponsel Anda beristirahat.

Matikan semua konektivitas dan ponsel Anda tidak akan bekerja keras untuk tetap terhubung. Anda dapat melakukan ini secara strategis ketika Anda berada di tempat yang Anda tahu memiliki layanan buruk.

3. Periksa Aplikasi Latar Belakang

 

Tetap periksa aplikasi ketika baterai Anda habis dengan cepat. Aplikasi tertentu menghabiskan lebih banyak baterai daripada yang lain. Beberapa aplikasi yang mungkin menguras baterai Anda diantaranya YouTube, Netflix, dan layanan streaming apa pun.

Selain itu Anda juga perlu menghindari bermain game jika Anda ingin menghemat energi, karena itu adalah salah satu penguras baterai yang besar. Terutama game dengan grafis yang berat.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini