Apa Itu IMEI?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 21 April 2020 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 21 54 2202427 apa-itu-imei-SbF6O9809K.jpeg (Foto: Ist)

JAKARTA - Pemerintah telah menetapkan 18 April sebagai tanggal diberlakukannya kebijakan pengendalian International Mobile Equipment Identity (IMEI). Apakah yang dimaksud dengan IMEI?

Mengutip siaran pers Kominf, IMEI adalah nomor identitas internasional yang terdiri dari 15 (lima belas) digit nomor, dihasilkan dari 8 (delapan) digit Type Allocation Code yang dialokasikan oleh Global System for Mobile Association (GSMA) untuk mengidentifikasi secara unik Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang tersambung ke jaringan bergerak seluler.

Nomor IMEI dapat ditemukan dalam perangkat HKT dengan menekan *#06# kemudian tampil di layar perangkat. Selain itu dapat ditemukenali di bawah baterai, kardus kemasan, dan kartu garansi.

IMEI bersifat unik dan berbeda-beda dan selalu menempel pada perangkat telekomunikasi. IMEI biasanya digunakan untuk mengidentifikasi setiap ponsel yang mengakses jaringan operator telekomunikasi.

IMEI dapat dipastikan legal apabila memiliki kartu garansi dan buku manual berbahasa Indonesia dari pembuat perangkat; terdaftar atau memiliki TPP (tanda pendaftaran produk) impor/produksi yang bisa di cek melalui https://imei.kemenperin.go.id; dan memiliki sertifikat dari SDPPI.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini