NASA Gunakan Emas Hasilkan Oksigen di Bulan dan Mars

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 21 April 2020 05:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 21 56 2202309 nasa-gunakan-emas-hasilkan-oksigen-di-bulan-dan-mars-WPmLcoY1NM.jpg (Foto: Techeblog)

JAKARTA - Badan antariksa Amerika Serikat, NASA berencana menghasilkan oksigen di Bulan menggunakan emas. Mereka mengubah karbon dioksida menjadi oksigen menggunakan peralatan, dikutip Techeblog.

Peralatan akan melekat pada salah satu rovers yang akan diluncurkan ke Bulan. Kotak emas ini disebut Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Eksperimen (MOXIE).

Kotak ini akan dibuat dari emas untuk memastikan bahwa dampak dengan kotak elektronik terdekat di dalam ruang angkasa akan minimal. Karena emas memiliki emisivitas yang sangat rendah, ia tidak akan memancarkan panas secara efektif yang pada gilirannya membantu bertahan dalam suhu yang lebih panas di beberapa bagian Mars.

Kotak bekerja dengan menyuntikkan energi ke dalam anoda dan katoda, sehingga oksigen akan dipisahkan dari karbon dioksida yang memungkinkannya diekstraksi untuk membuat oksigen sendiri.

"Ketika kita mengirim manusia ke Mars, kita ingin mereka kembali dengan aman, dan untuk melakukan itu mereka membutuhkan roket," kata Micheal Hecht, peneliti utama MOXIE.

"Propelan oksigen cair adalah sesuatu yang bisa kita buat di sana dan tidak harus dibawa bersama kita. Satu gagasan akan membawa tangki oksigen kosong dan mengisinya di Mars," jelasnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini