Hujan Meteor Lyrid Sambangi Bumi Pekan Ini

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 21 April 2020 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 21 56 2202782 hujan-meteor-lyrid-sambangi-bumi-pekan-ini-rOU5uzcsoi.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Fenomena hujan meteor Lyrid terjadi setiap tahun pada bulan April. Tahun ini hujan meteor kabarnya akan terlihat dari Bumi pada 16-30 April 2020.

Dilansir dari laman Manchester Evening News, Selasa (21/4/2020) lebih lanjut puncak hujan meteor tampaknya akan terlihat pada 21 April hingga 22 April tahun ini. Menurut Royal Observatory, waktu terbaik untuk melihat hujan meteor Lyrid adalah setelah tengah malam pada dini hari.

Untuk diketahui, hujan meteor umumnya dikenal sebagai bintang jatuh, meteor sebenarnya disebabkan oleh partikel dan fragmen yang ditumpahkan oleh komet dan asteroid. Hujan meteor Lyrid merupakan hasil dari puing-puing yang tersisa setelah Comet Thatcher, dan terjadi setiap tahun sekitar pertengahan hingga akhir April.

Ketika Bumi melewati jejak material ini, serpihan jatuh ke atmosfer dan terbakar. Lyrid dinamai berdasarkan konstelasi Lyra, yang berisi bintang Vega, karena jalan mereka melintasi langit malam tampaknya berasal dari kelompok bintang itu. Lyrid merupakan hujan meteor tertua yang tercatat masih terlihat hingga sekarang, setelah pertama kali dicatat pada 687 SM.

Lyrid dapat dilihat di belahan utara dan selatan hingga 18 meteor per jam terlihat di puncak pancuran.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini