Cek IMEI Kenali Ponsel Anda Resmi atau Ilegal, Ini Caranya

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 21 April 2020 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 21 57 2202583 cek-imei-kenali-ponsel-anda-resmi-atau-ilegal-ini-caranya-f7CwmLo1eD.jpeg (Foto: Ist)

JAKARTA - Regulasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) telah ditetapkan pada 18 April 2020. Ponsel-ponsel dengan IMEI resmi bisa mendapatkan sinyal seluler, sedangkan IMEI yang tidak resmi atau ponsel ilegal tidak akan mendapatkan layanan seluler.

Untuk mengetahui apakah ponsel Anda termasuk ponsel resmi atau ilegal, Anda terlebih dahulu mencatat nomor IMEI ponsel Anda. Nantinya, dari nomor IMEI yang Anda catat, Anda dapat melakukan pengecekan IMEI di website resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin). 


Berikut beberapa cara untuk mengetahui nomor IMEI, seperti dilansir dari laman Make Use Of.


Ketik *#06#

Ada banyak cara untuk mengecek nomor IMEI ponsel Anda. Cara paling mudah adalah dengan mengetikan *#06# pada panggilan. Nomor IMEI akan muncul di layar.

Pengaturan Ponsel

Anda bisa melihat nomor IMEI melalui pengaturan ponsel. Untuk ponsel iOS, buka menu Pengaturan> Umum> Tentang dan IMEI akan ditampilkan. Sementara itu untuk perangkat Android dapat bervariasi, akan tetapi umumnya buka menu Pengaturan> Tentang Telepon, lalu ponsel akan menampilkan IMEI.

Kemasan Ponsel

Jika Anda tidak dapat mengakses perangkat Anda, ada cara lain untuk menemukan IMEI. Kemasan ritel pasti memiliki label dengan IMEI ditampilkan.

Baterai Ponsel

Jika perangkat Anda memiliki baterai yang dapat dilepas, maka IMEI sering tercantum di bagian bawah baterai.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini