XL Axiata Catatkan Peningkatan Trafik Data saat Physical Distancing

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 22 April 2020 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 22 54 2203292 xl-axiata-catatkan-peningkatan-trafik-data-saat-physical-distancing-z0iQrARyJJ.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Dian Siswarini mengatakan bahwa kebutuhan pelanggan meningkat di tengah kebijakan belajar dan bekerja dari rumah. Seperti diketahui, physical distancing memungkinkan orang memilih berkegiatan di rumah, baik belajar maupun work from home.

"Secara keseluruhan selama periode waktu diberlakukanya kebijakan bekerja dari rumah (WFH) dan belajar dari rumah (SFH), untuk trafik layanan seluler terjadi peningkatan trafik sekitar 18% dari kondisi normal, sedangkan untuk layanan XL Home peningkatan trafik sekitar 20% dari kondisi normal. Kenaikan trafik terjadi secara merata di berbagai kota/wilayah khususnya di wilayah perumahan/residensial," jelas Dian.

Lebih lanjut, Dian menambahkan beberapa area yang mengalami peningkatan trafik data merata di seluruh Indonesia. Untuk regional Sumatera sekitar 15,9%, regional Jabodetabek dan sebagian Kalimantan 15,8%, regional Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan sebagian Kalimantan 15,5%, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan sekitarnya 15,8%.

"Dari pola penggunaan data dan aplikasi, layanan berbasis streaming mendominasi mencapai sekitar 66%, Instant Messaging 16%, Social Network 11,5%, dan lain-lain sekitar 6,5%," imbuh Dian.

Untuk mendukung kegiatan belajar dan bekerja dari rumah, XL Axiata meningkatkan kapasitas hingga dua kali dari biasanya. XL Axiata juga memanfaatkan Mobile BTS untuk ditempatkan di berbagai rumah sakit yang saat ini merawat pasien Covid-19 seperti Rumah Sakit Rujukan, Rumah Sakit Darurat, Pemukiman/residensial dan lokasi-lokasi strategis lainnya untuk mendukung Lebaran 2020 sehingga pelanggan tetap bisa berkomunikasi bersama keluarga dan sanak saudara.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini