Amankah Menyalakan Laptop Sepanjang Hari?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 22 April 2020 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 22 92 2203034 amankah-menyalakan-laptop-sepanjang-hari-vcW3aynDOm.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Di tengah pandemi virus corona (COVID-19) saat ini, masyarakat diimbau untuk belajar dan bekerja dari rumah. Laptop menjadi salah satu perangkat penunjang belajar dan bekerja dari rumah.

Kerap kali Anda mungkin menyalakan perangkat sepanjang hari. Apakah hal tersebut aman untuk laptop ? Dikutip dari laman Askleo, Rabu (22/4/2020), ketika Anda terus terhubung dengan laptop seharian. Pastinya Anda akan melakukan pengisian daya ketika habis untuk terus menyala. Salah satu komponen paling riskan saat Anda mengisi daya saat digunakan adalah baterai.

Masa pakai baterai laptop Anda kemungkinan akan lebih singkat. Bahkan parahnya baterai laptop akan mati. Sehingga Anda harus terus terhubung dengan pengisian daya. Hal tersebut pastinya akan mempengaruhi kinerja laptop Anda. Laptop juga akan cepat panas dan lemot.

Tipsnya, aktifkan laptop ketika Anda benar-benar membutuhkannya. Ketika daya baterai sudah hampir habis, matikan dan isi daya hingga penuh. Istirahatkan laptop Anda dari pekerjaan berat agar tetap awet. Ketika melakukan pengisian daya jangan langsung menyalakannya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini