Share

Bill Gates Kena Tuding Dalang di Balik Virus Corona

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 23 April 2020 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 207 2203516 bill-gates-kena-tuding-dalang-di-balik-virus-corona-BHt7tku9tu.jpg Pendiri Microsoft, Bill Gates (Foto: CNN)

JAKARTA- Virus Corona (COVID-19) menyebar hingga ke 185 negara sejak awal tahun. Virus ini kabarnya pertama kali menyebar di Wuhan, China. Hingga saat ini sudah ada lebih dari 2,6 juta orang yang terinfeksi virus di seluruh dunia.

Para bos teknologi pun berbondong-bondong berdonasi untuk memerangi pandemi virus corona. Termasuk pendiri Microsoft Bill Gates. Melalui Bill & Melinda Gates Foundation, ia bahkan berdonasi hingga USD250 juta untuk pengembangan vaksin virus corona baru tersebut.

Sekitar tahun 2015, Bill Gates bahkan meramalkan adanya pandemi virus yang lebih besar dari wabah Ebola. Ia mengungkapkan manusia sekarang harus lebih waspada terhadap virus.

"Kegagalan untuk mempersiapkan bisa memungkinkan epidemi berikutnya secara dramatis lebih dahsyat daripada ebola. Anda dapat memiliki virus di mana orang merasa baik-baik saja, namun mereka menularkan virus saat naik pesawat atau pergi ke pasar," kata Gates waktu itu.

Belakangan ini, langkah dan pernyataan Gates tersebut menjadi dasar serangkaian teori konspirasi baru. Teori tersebut menyebutkan bahwa Gates adalah dalang di balik pandemi virus corona.

Salah satu situs teori konspirasi milik AleX Jones, Infowars menyatakan bahwa Gates telah menyelenggarakan latihan pandemi pada akhir 2019 yang mensimulasikan global wabah virus corona,

Infowars menghubungkan investasi yayasan Gates yang sedang berlangsung dalam memerangi pandemi global dengan pengetahuan sebelumnya tentang pandemi virus corona.

Namun sebuah lembaga cek fakta mengungkapkan bahwa memang ada latihan yang disebut Peristiwa 201 dan berlangsung pada Oktober 2019. Latihan tersebut diselenggarakan oleh Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins yang diikuti oleh yayasan Gates.

Serta berfokus pada keadaan darurat kesiapsiagaan jika terjadi pandemi yang sangat parah. Namun, latihan diklaim tidak berhubungan dengan COVID-18 dan tidak membuat prediksi tentang angka kematian.

Fakta tersebut diabaikan oleh teori konspirasi. Teori konsipirasi bahwa Gates merupakan dalang dari pandemi ini terus berlanjut, bahkan menyebar di media sosial.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini