Indosat Ooredoo Antisipasi Lonjakan Trafik Data Jelang Ramadhan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 23 April 2020 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 54 2203668 indosat-ooredoo-antisipasi-lonjakan-trafik-data-jelang-ramadhan-4gwWqirbGZ.jpeg Ilustrasi (Foto: Indosat Ooredoo)

JAKARTA - Operator Telekomunikasi Indosat Ooredoo memprediksi lonjakan trafik data sekitar 20 persen jelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini. Untuk mengantisipasi hal tersebut pihaknya melakukan peningkatan kapasitas layanan data hingga 60 persen.

Indosat Ooredoo mengoptimalkan jaringan datanya untuk kebutuhan internet pelanggan pada masa beraktivitas dari rumah dan silaturahmi saat Ramadhan dan Lebaran di area pemukiman Jabotabek.

Selain itu Indosat juga meningkatkan layanan pada daerah tujuan mudik di Jawa seperti Bandung, Garut, Tasikmalaya, Cirebon, Tegal, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Jember, sampai dengan Banyuwangi. Untuk wilayah luar Jawa di antaranya Lampung, Pekanbaru, Palembang, Medan, Pontianak, Samarinda, Banjarmasin, dan Makassar.

“Melihat situasi terkini, di mana kebutuhan telekomunikasi pelanggan meningkat saat pergerakan terbatas, kami berupaya memastikan jaringan tetap optimal baik di perkotaan maupun pedesaan, karena apapun kondisinya, silaturahmi menjadi yang yang penting. Kami berharap semua akan segera membaik dan masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala,” kata Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha dalam keterangan resminya.

Sebelumnya, beberapa operator telekomunikasi di Indonesia termasuk Indosat Ooredoo telah melihat adanya kenaikan trafik sejak munculnya kebijakan belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah. Indosat Ooredoo mencatatkan peningkatan trafik data sekitar 24% dan trafik telefon sekitar 11% dibandingkan hari biasa.

Sementara itu, aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan antara lain YouTube, WhatsApp, Facebook, dan Instagram dengan kota yang tercatat mengalami peningkatan tertinggi berada di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Pemantauan kualitas jaringan dan layanan di seluruh Indonesia juga terus dilakukan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) yang memantau lebih dari 400 titik dengan lebih dari 1500 karyawan selama Ramadhan dan Idul Fitri. Layanan online Indosat Ooredoo juga disiapkan membantu pelanggan yang tersedia di berbagai saluran seperti aplikasi MyIM3, call center 185, media sosial Twitter dan Facebook Messenger.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini