Benarkah Orang Kidal Lebih Jago Matematika?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 23 April 2020 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 56 2203790 benarkah-orang-kidal-lebih-jago-matematika-6HdKq3EJ4G.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Sekitar 10 persen manusia di dunia merupakan kidal atau dominan menggunakan tangan kiri. Sebuah studi sekitar 30 tahun lalu mengungkap bahwa orang dengan tangan kidal kabarnya lebih jago matematika daripada mereka yang menggunakan tangan kanan.

Dilansir dari laman Big Think, Kamis (23/4/2020) Peneliti Giovanni Sala dan Fernando Gobet melakukan studi baru untuk menemukan kebenaran tersebut. Studi mereka melibatkan 2.300 siswa sekolah dasar dan menengah. Masing-masing dari mereka menggunakan tangan kiri untuk menulis, menggambar, menyikat, hingga melempar.

Sala dan Gobet meminta subyek mereka memecahkan serangkaian masalah matematika dengan berbagai kesulitan. Hasilnya untuk aritmatika sederhana, tidak ada perbedaan antara kidal dan kanan. Untuk masalah-masalah sulit yang membutuhkan keterkaitan fungsi matematika yang tepat untuk mendapatkan solusi mereka yang bertangan kidal lebih unggul. Terutama untuk pria tengan tangan kidal.

Rata-rata orang kidal kabarnya memiliki belahan otak sisi kanan yang lebih berkembang. Ini adalah bagian dari otak yang terkait dengan penalaran spasial dan kemampuan untuk secara mental membayangkan orientasi dan kombinasi objek baru, yang mungkin ada hubungannya dengan kemampuan kreatif southpaw.

Menariknya, beberapa orang genius bertangan kidal seperti Leonardo daVinci, Mozart, Tesla, Aristoteles, Bill Gates, dan Barack Obama.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini