Share

Teleskop hingga Aplikasi Astronomi Bantu Perukyat Pantau Hilal

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 23 April 2020 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 56 2203850 teleskop-hingga-aplikasi-astronomi-bantu-perukyat-pantau-hilal-mRIKW4PHvh.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - Berbagai peralatan modern digunakan para perukyat untuk memantau hilal. Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengungkapkan beberapa peralatan modern mulai dari aplikasi astronomi hingga kamera digital.

"Para perukyat saat ini sudah menggunakan peralatan modern," kata Thomas kepada Okezone, Kamis (23/4/2020).

Thomas mengatakan bahwa perukyat memakai aplikasi astronomi untuk mengetahui posisi hilal. Mereka juga membawa teleskop yang umumnya sudah dilengkapi otomatisasi komputer, sehingga bisa langsung mengarah ke posisi bulan.

"Mereka juga melengkapi dengan kamera digital agar citranya bisa diolah dengan perangkat lunak astronomi agar kontrasnya bisa ditingkatkan. Masalah utama rukyat adalah kontras antara hilal yang sangat tipis dan cahaya senja (syafak) yang masih cukup terang," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa Rukyatul Hilal akan dilaksanakan pada 23 April 2020 di 82 titik pemantauan yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini