Ciri-Ciri Penipuan Online Menyamar Informasi Virus Corona

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 23 April 2020 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 92 2203636 ciri-ciri-penipuan-online-menyamar-informasi-virus-corona-1wnmHmfS0l.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Google telah menemukan kejahatan online atau scam baru berkedok virus corona (COVID-19). Raksasa internet tersebut mengungkapkan beberapa ciri-cirinya dalam website resminya.

Menurut Google, scam jenis baru menggunakan metode email phishing atau mengelabui korban melalui link berisi malware yang dikirim ke email.

Adapun beberapa ciri email phishing terkait virus corona yakni menyamar sebagai organisasi kesehatan dunia (WHO) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Mereka bahkan menawarkan pengobatan, tes, dan informasi COVID-19.

Di samping email, scammers juga dapat menggunakan pesan teks, panggilan otomatis dan situs web berbahaya untuk menghubungi korban. Situs mungkin menawarkan pembersih tangan atau masker wajah, namun barang tidak pernah datang.

Lebih lanjut, peretas juga menyamar sebagai sumber pemerintah. Beberapa penipuan mengklaim mengeluarkan pembaruan dan pembayaran atas nama IRS atau otoritas pajak pemerintah daerah. Para scammer juga dapat berperan sebagai bank, investor atau penagih utang, dengan penawaran yang dirancang untuk mencuri informasi keuangan target.

Mereka juga dapat menyamar sebagai organisasi nirlaba yang meminta sumbangan untuk COVID-19.Google mengungkap beberapa cara untuk menghindari scammer beberapa di antaranya kunjungi langsung sumber-sumber seperti WHO.int atau CDC.gov untuk mendapatkan informasi faktual terbaru tentang COVID-19.

Kemudian, berhati-hatilah dengan permintaan informasi pribadi atau keuangan. Scammers biasanya meminta Anda untuk memasukkan informasi login, atau berbagi detail dan alamat bank dengan mereka. Mereka juga dapat meminta pembayaran melalui transfer bank atau mata uang virtual.

Scammers juga berpura-pura sebagai organisasi nirlaba yang sah. Untuk lebih yakin uang Anda akan mencapai organisasi nirlaba, Anda dapat menyumbang langsung melalui situs web mereka, daripada mengklik tautan yang dikirimkan kepada Anda.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini