Operator Telekomunikasi Tri Catat Lonjakan Trafik Data 49%

Sindonews, Jurnalis · Jum'at 24 April 2020 21:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 24 54 2204511 operator-telekomunikasi-tri-catat-lonjakan-trafik-data-49-EGyw5sdLYe.jpg (Foto: Ist)

JAKARTA - Operator telekomunikasi mencatatkan kenaikan trafik data pada tahun ini, tepatnya jelang Ramadhan. Dikutip Sindonews, 3 Indonesia (Tri) memprediksi adanya lonjakan lalu lintas data sebesar 10% yang terjadi dari satu minggu sebelum bulan Ramadhan.

Perusahaan mencatat kenaikan sebesar 49% jika dibandingkan dengan periode Ramadhan tahun lalu.

Prediksi kenaikan lalu lintas data yang signifikan ini didorong oleh imbauan pembatasan fisik oleh pemerintah yang memicu peningkatan penggunaan internet untuk mendukung kegiatan bekerja, belajar, beribadah, serta bersosialisasi dari rumah.

"Seperti yang kita tahu, Ramadhan tahun ini sangat berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan adanya imbauan pemerintah untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah, hingga imbauan tidak mudik, kami memperkirakan peningkatan lalu lintas data akan lebih signifikan jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," ujar Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia M. Buldansyah, dalam keterangan resminya di Jakarta.

Tahun lalu, 3 Indonesia mencatat sebanyak 25% pengguna 3 Indonesia di kota-kota besar di Indonesia melakukan perjalanan mudik pada Hari Raya Idul Fitri.

Namun, tahun ini, 3 Indonesia mencatat sebesar 8% penggunanya di kota besar sebagian telah berpindah dari business area ke residential area, dan sebagian lagi melakukan mudik sebelum Ramadhan dimulai.

Untuk itu pada tahun ini, 3 Indonesia memfokuskan optimasi jaringannya di 216 point of interest (POI) yang terfokus pada daerah padat penduduk dan jalur transportasi logistik di seluruh Indonesia.

Secara lebih detail, terdapat 45 POI di Sumatera, 95 POI di Jabodetabek dan Jawa Barat, 41 POI di daerah Jawa lainnya, Bali, dan Nusa Tenggara, beserta 31 POI di Kalimantan dan Sulawesi.

Penambahan 2.500 BTS juga dilakukan, serta penambahan kapasitas jaringan di 4.000 BTS di area padat penduduk. Armada Cell on wheels (COW) juga dikerahkan untuk kebutuhan Idul Fitri.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini