Berusia 30 Tahun, Teleskop Hubble Tangkap Gambar Menakjubkan di Langit

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 25 April 2020 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 25 56 2204810 berusia-30-tahun-teleskop-hubble-tangkap-gambar-menakjubkan-di-langit-uAD69W4Tbl.jpeg Foto: NASA

JAKARTA - Tim peneliti merilis gambar menakjubkan dari dua nebula di awan magellan besar yang berhasil di tangkap teleskop Hubble. Hal tersebut juga untuk merayakan 30 tahun teleskop telah beroperasi di langit.

Dilansir dari laman The Verge, Sabtu (25/4/2020) potret dari kedua nebula tersebut menampilkan warna merah dan biru. Nebula merah merupakan NGC 2014. Bintang-bintang cerah yang baru terbentuk di jantung NGC 2015 memiliki ukuran 10-20 kali dari Matahari.

Sementara itu nebula biru merupakan NGC 2020. Nebula biru terbentuk saat sebuah bintang 200.000 kali lebih besar dari Matahari mengeluarkan sejumlah besar gas. Para peneliti mengungkapkan gambar dua nebula tersebut sangat mirip dengan terumbu karang dan menghasilkan gambar yang dihasilkan Cosmis Reef.

“Ini adalah penglihatan Hubble yang sangat indah dari orbitnya di atas atmosfer Bumi yang memberi kita kemampuan melihat sekilas keindahan dan aktivitas luar biasa semacam ini,” kata Hubble Senior Project Scientist, Jennifer Wiseman.

Menurut Associate Administrator for Science di NASA Thomas Zurbuchen, meluncurkan teleskop besar pada 30 tahun lalu merupakan langkah yang revolusioner. Bahkan teleskop hingga sekarang masih berfungsi dengan sangat baik.

“Gambar spektakulernya telah menangkap imajinasi selama beberapa dekade dan akan terus menginspirasi umat manusia selama bertahun-tahun yang akan datang,” kata Thomas.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini