Cara Menjaga Baterai Smartphone Agar Tidak Cepat Rusak

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 25 April 2020 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 25 92 2204748 cara-menjaga-baterai-smartphone-agar-tidak-cepat-rusak-jUNcrXYoEW.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Semakin lama smartphone digunakan maka daya tahan baterainya juga dapat melemah dan rusak. Meskipun demikian, Anda dapat mencegah hal tersebut dengan menjaga penggunaan baterai.

Berikut beberapa cara untuk menjaga baterai smartphone agar tidak cepat rusak, seperti dikutip dari laman Verizonwireless, Sabtu (25/4/2020).

1. Hindari Overcharging

 

Untuk menjaga umur baterai smartphone Anda, salah kuncinya ada pada pengisian daya. Jangan mengisi daya ketika ponsel benar-benar kosong. Disarankan untuk mengisi data saat baterai mencapai 10 persen. Kemudian cabut pengisian data ketika sudah 100 persen. Hindari pengisian daya secara berlebihan (overcharging).

2. Jangan Biarkan Smartphone Terlalu Panas

Jangan biarkan smartphone Anda terlalu panas atau lebih panas dari suhu 95 derajat Fahrenheit. Istirahatkan smartphone bila terasa sangat panas di tangan.

Selain itu, hindari juga suhu yang terlalu dingin. Tidak menggunakan smartphone di luar ruangan saat cuaca dingin diklaim dapat membantu ponsel tetap sehat serta awet.

3. Jangan Dimainkan saat Mengisi Daya

Ketika Anda tengah melakukan pengisian daya pada smartphone, hindari untuk memainkannya. Apalagi bermain aplikasi berat seperti game. Hal tersebut dapat membuat baterai Anda cepat habis dan rusak.

4. Matikan Notifikasi

Munculnyan notifikasi atau push notifications membuat smartphone pengguna mengonsumsi baterai. Bila pengguna ingin agar baterai tetap tahan lama, pengguna bisa mematikan fitur push notifications serta fitur layanan lokasi saat benar-benar tidak sedang diperlukan.

5. Turunkan Kecerahan Layar

Tingginya tingkat kecerahan layar dapat membuat baterai smartphone cepat boros. Untuk itu, pengguna bisa menuju pengaturan (settings), lalu pilih Display, Brightness, turunkan hingga batas paling optimal kecerahan layar menurut pengguna.

 

6. Tutup Aplikasi yang Tidak Dipakai

Aplikasi yang bekerja secara background bisa membuat sistem dalam smartphone terus bekerja, yang berujung pada berkurangnya daya smartphone. Pengguna juga dapat mengatur agar menerima email setiap 15 menit sekali atau bahkan waktu yang lebih lama.

7. Matikan GPS

Fitur GPS diperlukan saat pengguna mengakses layanan peta. Namun, bila sedang tidak menggunakan GPS, pengguna bisa mematikan fitur tersebut. Untuk lebih memaksimalkan daya tahan baterai, pengguna juga dapat mematikan Live Wallpaper.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini