6 Cara Jitu Agar Laptop Tidak Cepat Panas saat WFH

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 25 April 2020 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 25 92 2204847 6-cara-jitu-agar-laptop-tidak-cepat-panas-saat-wfh-XSZMN74z7r.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Laptop menjadi salah satu perangkat andalan untuk bekerja. Apalagi ketika bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Laptop Anda mungkin kerap kali panas ketika digunakan dalam waktu yang lama atau melakukan tugas berat.

Hal tersebut pasti akan mengganggu. Berikut enam tips agar laptop Anda tidak cepat panas, seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Dinginkan Laptop

Ketika laptop digunakan untuk melakukan tugas yang berat dan terasa panas. Jangan paksaan laptop untuk terus bekerja, cobalah untuk istirahatkan sebentar. Anda juga dapat menempatkan laptop pada alas yang lebih dingin seperti ke lantai atau buku. Jangan taruh laptop pada pangkuan Anda.

2. Bersihkan Laptop

Debu yang menumpuk pada kipas dapat menjadi penyebab laptop panas. Rawatlah laptop secara rutin dengan menghilangkan debu yang menyelimuti permukaan hardware, termasuk pada motherboard, VGA card dan komponen lainnya.

3. Jangan Charge Laptop dalam Kondisi Baterai Penuh

Jangan mengisi daya baterai ketika sudah terisi penuh. Selain membuat panas, hal tersebut akan mempengaruhi umur baterai Anda.

4. Hindari Matahari Langsung

Ketika Anda menggunakan laptop pada tempat yang langsung terkena sinar matahari, sebaiknya lindungi laptop dengan pelindung agar sinar tidak menembus casing.

5. Hindari Meletakan Laptop di Kendaraan Pribadi

Suhu di dalam mobil kerap kedap udara, ketika cuaca panas, sinar matahari akan menembus kaca mobil yang akan mengakibatkan suhu kabin meningkat, tentunya sangat berpengaruh pada kinerja laptop.

 

6. Gunakan Cooling Pad

Penggunaan Cooling Pad tentu dapat mengurangi suhu laptop, dengan cara menyedot suhu panas dari dalam bodi laptop menggunakan kipas kecil yang ditempatkan tepat di bawah perangkat laptop.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini