6 Tips Jitu Agar Baterai Laptop Tidak Boros

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 26 April 2020 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 26 92 2204937 6-tips-jitu-agar-baterai-laptop-tidak-boros-JZTVgKj5Km.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Laptop menjadi salah satu perangkat yang paling dibutuhkan di tengah pandemi COVID-19 sekarang ini. Perangkat tersebut dapat membantu pekerjaan dan kegiatan belajar Anda di rumah.

Namun sayangnya baterai laptop kerap kali menjadi bagian yang rentan terkuras dayanya. Untuk mengatasi hal tersebut berikut beberapa cara jitu supaya baterai laptop tidak cepat habis seperti dilansir dari laman Time, Minggu (26/4/2020).

1. Kurangi Kegiatan Multitasking

Tutup semua aplikasi atau program yang tidak perlu yang berjalan di latar belakang. Mengurangi kegiatan multitasking untuk laptop Anda akan membantu menghemat daya baterai.

2. Turunkan Kecerahan Layar

Turunkan kecerahan layar Anda. Pasalnya membiarkan layar Anda terlalu terang akan menguras baterai lebih cepat.

3. Matikan Speaker

Jika sedang melakukan banyak pekerjaan, cobalah untuk tidak menyalakan musik. Pasalnya speaker laptop benar-benar menguras daya laptop sangat besar.

4. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth

Ketika tidak digunakan matikan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth. Pasalnya mereka dapat menghabiskan baterai Anda bahkan jika Anda tidak terhubung ke apa pun. Wi-Fi dan Bluetooth akan terus-terus mencari perangkat yang akan disambungkan.

5. Hidupkan Mode Hemat

Cobalah untuk menyalakan mode hemat daya laptop Anda. Pada mesin Windows, klik ikon baterai di bilah tugas Windows, lalu alihkan pengaturan baterai Anda dari "Seimbang" ke "Penghemat Daya". Pada MacBook, Anda dapat mengakses pengaturan Energy Saver dengan mengklik ikon baterai di toolbar bagian atas atau melalui System Preferences -> Penghemat Energi.

6. Hindari Suhu Ekstrem

Terakhir, jangan pernah memaparkan baterai pada suhu ekstrem. Pastikan untuk melepas baterai saat masih menggunakan laptop sembari mengisi daya. Serta mengisi daya laptop saat mencapai 10 persen.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini