4 Fitur WhatsApp Ini Bantu Anda saat Work From Home

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 26 April 2020 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 26 92 2204954 4-fitur-whatsapp-ini-bantu-anda-saat-work-from-home-u7cikW07Em.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan populer yang digunakan lebih dari dua miliar orang di seluruh dunia. Beberapa fitur WhatsApp terus dikembangkan untuk memudahkan penggunanya.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk chatting, panggilan suara, hingga video. Setidaknya ada empat fitur pada WhatsApp yang bisa membantu Anda saat Work From Home (WFH). Berikut ulasannya untuk Anda seperti dikutip dari berbagai sumber.

 

1. Panggilan Video hingga 8 Orang

Aplikasi konferensi video tampaknya merajalela sejak diterapkanya bekerja di rumah untuk memerangi pandemi COVID-19. Konferensi video dapat digunakan untuk meeting dengan rekan kerja.

WhatsApp pun meningkatkan panggilan vidoenya hingga 8 orang. Sebelumnya fitur hanya dapat digunakan oleh 4 orang. Sayangnya fitur baru tersebut belum bisa digunakan untuk seluruh pengguna. Fitur hadir pada aplikasi versi beta.

Dilansir dari laman Life Hacker, pengguna harus mengunduh WhatsApp versi beta 2.20.133 untuk ponsel Android dan 2.20.50.25 untuk ponsel iOS terlebih dahulu sebelum menjajal fitur. Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp versi beta tersebut. Kemudian, pilih menu panggilan dan buka panggilan baru. Setelah itu, klik panggilan grup baru dan tambahkan 7 peserta.

2. WhatsApp Web

WhatsApp dapat digunakan melalui perangkat laptop dan computer/PC. Hal tersebut pastinya dapat membantu Anda saat bekerja dari rumah. Tidak perlu mengecek smartphone terus-menerus, WhatsApp Anda dapat terhubung ke PC dengan fitur WhatsApp Web.

Berikut cara untuk menggunakan fitur tersebut. Pertama-tama, buka WhatsApp pada browser PC Anda atau ketikan web.whatsapp.com. Kemudian, Anda akan diminta untuk memindai kode QR. Gunakan pemindai QR dari dalam WhatsApp untuk memindai kode QR.

Untuk melakukannya, buka WhatsApp di smartphone Anda. Untuk penggunaan Android, buka di layar Chat > Menu > WhatsApp Web. Sementara di iPhone buka Pengaturan > WhatsApp Web. Terakhir, pindai kode QR pada layar komputer Anda dengan telepon Anda.

3. Hemat Kuota di WhatsApp

Meskipun WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang cukup ringan. WhatsApp juga dapat menguras kuota data Anda saat digunakan untuk mengirim banyak foto dan video. Apalagi saat physical distancing sekarang ini, pasti Anda mengandalkan aplikasi untuk tetap terhubung dengan rekan kerja.

Berikut cara untuk menghemat kuota di WhatsApp. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi WhatsApp dan klik ikon tiga titik yang terletak di sudut kanan atas. Kemudian pilih menu pengaturan/Setelah. Pada menu pengaturan, pilih data dan penyimpanan.

Pada bagian unduh otomatis media cobalah untuk membatasi konten yang Anda unduh otomatis. Caranya pada bagian saat menggunakan data seluler pilihlah satu konten saja yang tidak membuang banyak kuota Anda misalnya audio atau dokumen. Lalu Anda bisa mengaktifkan semua unduhan konten pada bagian saat terhubung ke Wi-Fi.

Langkah terakhir, centang opsi penggunaan data minimum. Dengan memeriksa opsi ini, ketika Anda menyampaikan panggilan suara atau video maka fitur ini akan memampatkan data sehingga akan menghemat kuota.

4. Kirim Dokumen

WhatsApp juga dapat digunakan untuk mengirim dokumen atau file. Caranya pun cukup mudah. Tekan tombol lampiran disebelah ikon kamera. Kemudian pilih dokumen dan pilihlah dokumen Anda yang akan dikirimkan kepada rekan kerja.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini