5 Hal yang Harus Dihindari Agar Laptop Tidak Cepat Rusak

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 26 April 2020 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 26 92 2204957 5-hal-yang-harus-dihindari-agar-laptop-tidak-cepat-rusak-8RkkFp6aIt.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Laptop menjadi barang penting untuk mengerjakan pekerjaan kantor. Apalagi disaat pandemi sekarang ini, dimana masyarakat diimbau untuk tetap di rumah saja. Untuk menjaga agar laptop dapat digunakan dengan baik, Anda perlu merawatnya. Berikut beberapa hal yang harus dihindari agar laptop tidak cepat rusak.

1. Meletakan Laptop di Kasur

Godaan untuk bermalas-malasan di atas kasur pasti datang saat bekerja dari rumah. Anda mungkin bahkan membawa laptop Anda di atas kasur agar lebih santai. Namun hal tersebut dapat merusak laptop.

Sebaiknya hindari meletakan laptop yang menyala di atas kasur atau tempat yang mudah berdebu. Sebab, laptop umumnya dilengkapi kipas pendingin yang posisinya berada di bawah. Bila kipas pendingin tidak bisa mendinginkan laptop karena dipakai di bidang yang tidak datar, maka laptop bisa mengalami overheating atau cepat panas.

2. Bermain Game Berat

Ada laptop yang memang didesain khusus untuk bermain game. Ada pula laptop yang bukan dirancang untuk bermain game, akan tetapi terkadang pengguna menggunakannya untuk menjalankan game yang berat.

Bila terus digunakan untuk bermain game berat, komponen dalam laptop bisa mengalami overheat dan penyebab baterai laptop menjadi bocor.

3. Tetap Mengisi Daya saat Penuh

Saat memakai laptop dalam waktu yang lama, baterai perlu diisi penuh terlebih dahulu. Lalu, jika baterai sudah terisi penuh, cabut kabel charger dan lakukan pengisian baterai lagi bila sisa baterai telah sedikit. Jangan gunakan laptop hingga baterai kosong atau 0 persen.

4. Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

Ada perangkat laptop yang baterainya dapat dilepas. Disarankan untuk tidak menggunakan laptop tanpa baterai (langsung terhubung stopkontak). Karena saat listrik mendadak padam, maka laptop akan mati. Hindari mematikan laptop tanpa melalui proses shutdown.

 

5. Memindahkan Laptop saat Menyala

Saat laptop menyala, usahakan tidak memindahkan laptop. Sebab, laptop yang masih hidup atau belum di-shutdown, maka harddisk sedang bekerja sehingga apabila digerakan dapat menyebabkan head pada hardisk menggores bagian silinder.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini