Kolaborasi Telkomsel dan Roambee Hadirkan Perangkat Berbasis IoT

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 27 April 2020 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 54 2205711 kolaborasi-telkomsel-dan-roambee-hadirkan-perangkat-berbasis-iot-4RXAjczUQS.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Telkomsel menghadirkan perangkat IoT “Asset Performance Management". Perangkat tersebut merupakan solusi end-to-end berbasis IoT yang dapat digunakan untuk memonitor lokasi dan kondisi produk atau aset perusahaan seperti suhu, kelembapan, dan tekanan udara secara real-time.

"Satu solusi baru dari Telkomsel berusaha untuk mengenalkan produk berbasis digital. Hari ini kami memperkenalkan layanan IoT

“Asset Performance Management"," kata General Manager IoT Smart Connectivity Telekomsel, Alfian Manullang dalam konferensi online, Senin (27/4/2020).

Adapun perangkat dapat berguna untuk mendukung perusahaan yang bergerak di bidang farmasi, makanan, retail, manufakturing, hingga penerbangan, di mana implementasi use case-nya seperti cold chain monitoring, inventory management, dan shipment monitoring.

Alfian memberikan contoh misalnya saja pada industri farmasi, aset yang berharga seperti vaksin penting untuk dilihat performanya.

"Misal vaksin harus dibawa pada suhu tertentu jika selama pengiriman berada di atas 0 derajat jadi bisa dilihat performnya. Kondisinya bisa di-maintance (perbaiki)," imbuh Alfian.

Menurutnya, dengan alat IoT tersebut perusahaan dapat mengurangi biaya operasional, kesalahan dari human error, serta memastikan kualitas produknya terjaga.

Untuk diketahui, kehadiran layanan Asset Performance Management merupakan hasil kolaborasi Telkomsel dengan Roambee, yaitu startup penyedia layanan pemantauan aset berbasis end-to-end IoT asal Sillicon Valley, Amerika Serikat. Roambee sendiri merupakan perusahaan rintisan asing yang belum lama ini menerima dana investasi dari Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) selaku unit ventura Telkomsel.

Salah satu peran Roambee adalah penyediaan Smart Gateway (sensor yang terhubung langsung pada cloud) dan Smart Beacon (terhubung dengan Smart Gateway dan dapat ditempatkan di aset bergerak dan tak bergerak) sebagai IoT Sensors pada Asset Performance Management.

Terdapat tiga elemen utama yang ada di dalam solusi ini, yakni IoT Sensors (Bees dan Beacons), IoT Platform dan Online Dashboard.

IoT Sensors, solusi ini menggunakan 2 tipe sensor yaitu Bee (Smart Gateway) dan Beacon, di mana dapat diimplementasikan baik pada asset yang bergerak maupun yang tidak bergerak.

Kedua sensor tersebut dapat mendeteksi sejumlah variabel di titik penempatannya, seperti suhu, pencahayaan, kelembapan, tekanan udara, hingga lokasi secara real-time.

IoT Platform merupakan infrastruktur dan aplikasi pengolahan data, meliputi cloud dan data analytics. Sedangkan Online Dashboard, memungkinkan para pelaku bisnis untuk melakukan manajemen aset melalui berbagai perangkat, mulai dari laptop hingga ponsel, di mana pun dan kapan pun secara online.

Ada tiga fitur utama yang dimiliki oleh Online Dashboard ini, meliputi real-time condition, historical reports, dan notifications and alerts. Informasi lebih lanjut mengenai Asset Performance Management dapat diakses melalui www.telkomseliot.com.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini