Cara Akses Messenger Room, Layanan Konferensi Video Pesaing Zoom

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 27 April 2020 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 92 2205640 cara-akses-messenger-room-layanan-konferensi-video-pesaing-zoom-Wsv5rZ1uUf.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Facebook baru saja merilis layanan konferensi video terbarunya Messenger Room. Layanan tersebut dapat digunakan hingga 50 peserta dalam satu kali panggilan tanpa batas waktu dan gratis.

Dilansir dari laman Cnet, Senin (27/4/2020) untuk mengakses layanan tersebut pengguna perlu memperbarui aplikasi Facebook Messenger pada versi terbaru di App Store maupun Google Play Store. Setelah memperbaruinya buka aplikasi. Kemudian klik tab 'People' pada kanan bawah layar.

Setelah itu, pengguna dapat membuat layanan Messenger Room dan pilih peserta lain untuk bergabung. Anda dapat memilih orang-orang yang memiliki akun Facebook.

Sementara itu, untuk berbagi dengan orang yang tidak memiliki akun, pengguna dapat membagikan link kepada mereka. Pengguna juga dapat berbagi Messenger Room melalui Kabar Berita, Grup, dan Acara Anda.

Facebook berencana untuk menambahkan akses ke Messenger Room dari Instagram Direct, WhatsApp dan Portal (perangkat keras Facebook). Menariknya Messenger Room juga memiliki 14 filter kamera dan latar belakang yang dapat diubah.

Menyikapi soal keamanan, Facebook menambahkan bahwa layanan Messenger Room aman untuk digunakan. Pihaknya menambahkan fitur privasi dan kontrol pada layanan tersebut.

Isu keamanan dan privasi tampaknya menjadi perhatian Facebook saat ini untuk mengembalikan kepercayaan pengguna. Seperti diketahui, Facebook mengalami kasus pelanggaran privasi data beberapa tahun lalu atau dikenal kasus Cambridge Analytics.

Adapun beberapa fitur privasi dan keamanan adalah kemampuan untuk mengunci konferensi sehingga tidak ada orang yang diharapkan masuk serta pengguna juga dapat menghapus, melaporkan dan memblokir penyusup.

Lebih lanjut, pengguna juga dapat dengan mudah meninggalkan Room. Selain itu, informasi Facebook peserta tidak akan dibagikan dengan peserta lain yang bukan teman mereka di jejaring sosial.

Mengenai iklan, Facebook berjanji bahwa itu tidak akan menggunakan data apa pun yang dikumpulkan dari Room untuk menargetkan pengguna untuk iklan, atau menampilkan iklan di aplikasi itu sendiri.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini