Ketahui Bahaya Tethering dari Smartphone

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 27 April 2020 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 27 92 2205721 ketahui-bahaya-tethering-dari-smartphone-QHkCOENqsK.jpeg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Sebagian besar smartphone sekarang ini dapat digunakan untuk berbagi koneksi ke laptop atau tethering. Apalagi ketika pandemi sekarang ini dimana banyak dari kalian bekerja atau belajar dari rumah.

Hal tersebut memang memudahkan agar laptop Anda juga terhubung ke internet ketika tidak ada sambungan wifi. Meskipun demikian ada beberapa efek negatif yang ditimbulkan ketika Anda melakukan tethering.

Dilansir Tech Tips, (27/4/2020) penggunaan theatring ke laptop dapat membuat tagihan data seluler Anda membengkak. Pasalnya data seluler digunakan untuk dua perangkat yang terhubung. Selain itu baterai ponsel Anda akan cepat terkuras. Anda menjadikan ponsel sebagai router. Selain itu saat tethering data pribadi Anda juga bisa bocor.

Supaya Anda merasa aman saat theatring, pastikan hanya menggunakan tethering bila perlu. Kemudian, hanya izinkan orang yang Anda percayai untuk terhubung. Pastikan Anda menyematkan password sebelum menyalakan tethering.

Ketika Anda membiarkan tethering lebih lama dari yang diperlukan, perhatikan perangkat apa yang terhubung. Jika Anda tidak mengenalinya, atau ada terlalu banyak, segera tutup hotspot seluler Anda.

Kemudian, jangan gunakan kata sandi yang sama untuk menambahkan lebih dari satu kali. Jika Anda mengizinkan seorang teman untuk menambahkan satu kali, dan mereka melihat bahwa ponsel Anda menyalakan hotspot, mereka cenderung untuk melanjutkan. Atau, jika koneksi disimpan, ponsel mereka mungkin terhubung bahkan tanpa mereka sadari.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini